get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Mitigasi Perubahan Iklim, Fokus Energi Baru Terbarukan Jadi Solusi yang Tepat

Senin, 31 Juli 2023 | 12:06 WIB
header img
Izzah Aula Wardah., S.ST., M.ENG.SC. Foto iNewsSurabaya/ist

Mikrohidro dapat menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan akses masyarakat terhadap energi listrik yang terjangkau dan berkelanjutan. Untuk mencapai partisipasi masyarakat yang efektif, diperlukan pendekatan yang inklusif dan transparan. 

Pemerintah desa dan program studi Teknik Elektro harus melibatkan masyarakat setempat dalam proses pengambilan keputusan, memberikan informasi yang jelas dan mudah dipahami, serta memastikan adanya saluran komunikasi yang terbuka antara pemangku kepentingan. Partisipasi yang kuat juga membutuhkan edukasi dan kesadaran yang terus-menerus mengenai manfaat energi baru terbarukan dan pentingnya pengelolaan yang berkelanjutan.

Pengembangan mikrohidro secara berkelanjutan perlu melibatkan partisipasi masyarakat setempat. Partisipasi masyarakat memiliki potensi untuk meningkatkan manfaat sosial dan ekonomi bagi komunitas setempat dan untuk memastikan adanya pemahaman dan kesepahaman bersama mengenai manfaat dan potensi dampak proyek tersebut. 

Keterlibatan masyarakat pada tahap perencanaan, dapat dilakukan penilaian yang lebih akurat terkait potensi energi air yang dapat dimanfaatkan dan dampak lingkungan yang mungkin timbul.

Melalui partisipasi yang inklusif, masyarakat dapat merasakan manfaat langsung dari proyek mikrohidro, baik secara ekonomi maupun sosial. Dalam jangka panjang, ini akan membawa perubahan positif dalam upaya kita untuk beralih ke sumber energi yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Penulis : 
Izzah Aula Wardah., S.ST., M.ENG.SC. 
Kepala Laboratorium Sistem Tenaga Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut