get app
inews
Aa Read Next : Profiling Kepala Sekolah Jatim Bisa Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Ini Langkah Cerdas Dindik

4 Tempat Uji Kompetensi Milik Dindik Jatim Bertambah, Ini Lokasinya

Minggu, 27 Agustus 2023 | 18:53 WIB
header img
Sebanyak empat Tempat Uji Kelayakan Dindik Jatim bertambah. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tempat Uji Kompetensi (TUK) milik Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim bertambah. Ada empat TUK yang berada di UPT Pelatihan Teknis dan Ketrampilan Kejuruan (PTKK) untuk meningkatkan kompetensi siswa kejuruan di Jawa Timur. 

Berdasarkan SK yang diturunkan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) di bawah naungan Dirjen Vokasi Kemdikburistek. Total TUK yang dimiliki Dindik Jatim sebanyak 9 kompetensi keahlian.

TUK ini sebagai dasar pelaksanaan uji kompetensi (UPT PTKK) sebagai tempat pelaksanaan uji kompetensi yang ditetapkan oleh LSK pusat, nantinya akan digunakan uji siswa untuk proses sertifikasi kompetensi berstandar nasional yang digelar Dindik Jatim bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK). 

Kepala Dindik Jatim, Aries Agung Paewai menuturkan ada empat penambahan TUK untuk tahun 2024 setelah mengikuti kelas akselerasi. Yakni keahlian Tata Boga,  Desain Web, Fotografi, dan Videografi. TUK keempat keahlian ini telah melewati proses studi kelayakan.  

Meski seluruh proses sudah terlewati,  namun Aries mengakui, pengurusan izin penempatan TUK cukup sulit. Karena melewati beberapa tahap.  Penilaian hampir sama dengan akreditasi. Ada pengajuan dari Dindik Jatim untuk mendapatkan TUK sehingga bisa menggelar uji kompetensi.  

"Seluruh sarana prasarana untuk TUK sudah mendapat penilaian kelayakan dari pusat sehingga SK penempatan keluar. Memang ada beberapa yang harus nambah unit perlengkapan seperti videografi. Ini akan kita tambah kedepan karena sekarang masih punya 7 unit kamera," ujar Aries, Minggu (27/8).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut