get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Dukung Armada Mudik Gratis dan Berikan Perlindungan Jaminan Sosial Pengawak Bus

BPJamsostek Cabang Juanda Serahkan Santunan JKM Kepada Ahli Waris Bunda PAUD Surabaya

Jum'at, 01 September 2023 | 13:06 WIB
header img
Ketua Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Surabaya, Rini Indriyani, didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda, Guguk Heru Triyoko, menyerahkan santunan JKM kepada alhi waris Bunda PAUD di Surabaya. Foto/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Cabang Juanda menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada alhi waris almarhum Nur Fadilah, Bunda PAUD PPT Harapan Bangsa yang tutup usia. 

Santunan JKM sebesar Rp42 juta tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Surabaya, Rini Indriyani, didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda, Guguk Heru Triyoko, dalam acara Festival Bermaian KidZania dan Bunda PAUD, di KidZania Surabaya, Jumat (01/9/2023).

Rini Indriyani berharap, santuna dari BPJamsostek bisa sedikit meringankan beban keluarga yang ditinggalkan. 

"Saya yakin beliau (almarhum) adalah orang baik, dan saya yakin khusnul khotimah," ucapnya.

Istri Walikota Surabaya ini menuturkan, pemberian asuransi jiwa BPJS Ketenagakerjaan kepada para pendidikan PAUD ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah agar tenang dalam menjalankan aktivitas mengajarnya.  

Selama ini, lajut Rini, guru PAUD Surabaya dedikasinya untuk anak-anak kota Surabaya tidak diragukan lagi. 

"Guru PAUD menjadi konsen pemerintah kota Surabaya. Mungkin jumlahnya tidak seberapa dengan yang sudah mereka lakukan, tapi mudah-mudahan ini bisa bermanfaat buat mereka para Guru PAUD," terangnya.

Selain didaftarkan sebagai peserta BPJamsostek, pemkot Surabaya juga memberikan fasilitas berupa beasiswa pendidikan Sarjana kepada guru PAUD. 

Dalam kesempatan yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda, Guguk Heru Triyoko manyampaikan apresiasinya kepada guru-guru PAUD. Kata dia, Bunda PAUD adalah pahlawan tanpa tanda jasa. 

Guguk juga mengapresiasi kepedualian pemerintah kota Surabaya yang telah mendaftarakan guru-guru PAUD sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. 

"Dengan kepedulian itu maka kesejahteraannya menambah. Ini adalah bentuk kehadiran negara melalui bapak Eri Cahyadi kepada para Bunda PAUD," ujarnya.

Hingga saat ini total Bunda PAUD yang sudah tercover jaminan sosial ada 4000 orang lebih, dari jumlah total 12 ribu Bunda PAUD. 

Guguk menyebut, sejak tahun 2022 - 2023, BPJamsostek sudah memberikan santunan Rp588 juta dari 14 kasus  kepada ahli waris Bunda PAUD di kota Surabaya. 

“Kami turut berbelasungkawa, santunan yang diberikan sama sekali tidak dapat menggantikan sanak keluarga yang berpulang ke rumah Tuhan. Akan tetapi hal tersebut menjadi bentuk nyata negara hadir melalui BPJAMSOSTEK untuk memberikan jaminan sosial kepada ahli waris dan anak yang ditinggalkan,” tuturnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut