get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Lulusan Teknik Mesin Mampu Jawab Persoalan Pengangguran di Indonesia

Selasa, 05 September 2023 | 12:52 WIB
header img
EDI SANTOSO, S.T., M.T., 

Peran prodi teknik mesin juga melakukan koLaboratoriumorasi dengan perusahaan maupun institusi pendidikan. Kerja sama dengan perusahaan tentu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di prodi teknik mesin lewat kegiatan kuliah tamu, kunjungan industri (study excursie), menjadikan perusahaan sebagai tempat penelitian, dan berbagai kerjasama lainnya. Sedangkan kerja sama dengan institusi pendidikan bisa dilakukan dengan kuliah tamu, program exchange, dan kerja sama penelitian.

Di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, prodi teknik mesin lebih fokus di bidang advance material (material maju) dan renewable energy (energi baru terbarukan). Dua bidang itulah yang membedakan Teknik Mesin Untag Surabaya dengan prodi teknik mesin lainnya. Meskipun dengan arah riset mahasiswa dan dosen, nantinya juga akan mengarah ke dua bidang tersebut. 
Isu-isu strategis yang menjadi prioritas dalam kurun lima tahun ke depan untuk bidang advance material yakni pada pengembangan abu dasar batubara untuk penguat komposit. Riset ini memiliki keunggulan yakni sebagai bahan alternatif pengganti logam serta topik tentang pengembangan bio-material sebagai tangan buatan. Sementara untuk bidang renewable energy pada pengembangan mobil listrik.

Kemudian, di samping menerapkan kurikulum Outcome Based Education (OBE), Prodi Teknik Mesin Untag Surabaya juga mempersiapkan bekal dengan memberikan praktikum, pelatihan dan sertifikasi kompetensi yang dibutuhkan dunia industri. Sehingga, nantinya mahasiswa yang lulus memiliki daya saing tinggi saat masuk di dunia industri.

Sebagai penunjang fasilitas belajar, terdapat banyak Laboratoriumoratorium untuk studi teknik mesin, antara lain Laboratorium Fisika Dasar, Laboratorium Material Teknik, Laboratorium Mesin Fluida, Laboratorium Proses Produksi, Laboratorium CNC dan CAD-CAM, Laboratorium Mesin Pendingin, Laboratorium Getaran Mekanis, Laboratorium Metalografi, Laboratorium Motor Bakar, dan Laboratorium Pengecoran. 

Lalu, mata kuliah apa yang paling disorot oleh Program Studi Teknik Mesin ?
Prodi Teknik Mesin Untag Surabaya mengadopsi kurikulum yang mengacu pada outcome-based education, yang berarti mata kuliah yang diajarkan berorientasi untuk mencapai hasil capaian belajar yang spesifik bagi para mahasiswa. Namun, mahasiswa tidak hanya dibekali pendidikan dengan kurikulum OBE, tapi juga keterampilan, softskill, pelatihan dan sertifikasi untuk menunjang waktu mahasiswa lulus, sehingga siap bersaing di dunia kerja.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut