get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Lulusan Teknik Mesin Mampu Jawab Persoalan Pengangguran di Indonesia

Selasa, 05 September 2023 | 12:52 WIB
header img
EDI SANTOSO, S.T., M.T., 

Mata kuliah di prodi teknik mesin mencerminkan fokus dari prodi teknik mesin yaitu advance material dan renewable energy. Sehingga, dalam kurikulum tersebut, terdapat fokus pada advanced materials dan renewable energy, yang menjadi bidang unggulan prodi Teknik Mesin. Di antaranya capstone design, energi surya serta polimer dan komposit.

Prodi Teknik Mesin memiliki konsentrasi di bidang konversi energi yang memiliki kemampuan pengembangan energi alternatif dan menganalisis serta merancang mesin-mesin konversi energi. Kemudian bidang material memiliki kemampuan merekayasa material, perlakuan panas dan analisa struktur mikro, teknologi pengecoran dan pengelasan logam. Lalu, bidang manufaktur memiliki kemampuan mendesain produk dan merencanakan sistem produksi. Sementara bidang desain memiliki kemampuan merancang teknologi tepat guna dan analisis kegagalan atau kerusakan material.

Lebih dari itu, Prodi Teknik Mesin Untag Surabaya juga berperan aktif dalam mengikuti beberapa kompetisi eksternal di luar kampus. Misalnya kontes kapal cepat tak berawak (KKCTB), Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), dan kompetisi tingkat Nasional lainnya. Selain itu, Mahasiswa Teknik Mesin juga terlibat secara nyata seperti terlibat dalam proyek penelitian. Mahasiswa selalu terlibat aktif, baik berupa penyusunan instrument penelitian, pembuatan specimen pengujian dan kegiatan lainnya yang bersifat supportif di bidang penelitian.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga ikut dalam pengabdian masyarakat dengan pembuatan mesin-mesin teknologi tepat guna yang nantinya akan dihibahkan kepada UMKM desa binaan Prodi Teknik Mesin. Dari pengalaman kegiatan hibah ini diharapkan para mahasiswa bisa terjun langsung ke dunia industri melalui magang industri dalam program kompetisi Kampus Merdeka. 

EDI SANTOSO, S.T., M.T., 
Ketua Program Studi Sarjana Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut