get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Umat Hindu Jatim Hadiri Perayaan Dharma Santi 2024 di Taman Candra Wilwatikta

Tingkatkan Produksi Batik Ramah Lingkungan, Dosen UWP Surabaya Ciptakan Mesin Pengebur

Jum'at, 08 September 2023 | 09:00 WIB
header img
Penyerahan mesin yang dilakukan Dr. Nugroho Mardi Wibowo, S.E., M.Si., dari UWP Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Batik tidak hanya sebatas warisan budaya tetapi juga menjadi sumber penghidupan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sayang sebagian besar UMKM batik memproduksi batik memilih menggunakan pewarna sintetis yang berpotensi mencemari lingkungan. 

Hal ini terlihat banyaknya limbah sisa dari proses pencelupan yang mengandung bahan kimia dibuang langsung ke lingkungan sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan dan mengganggu kesehatan masyarakat sekitar.

"Permasalahan ini dialami oleh para UMKM batik di Kabupaten Jombang," kata Dr. Nugroho Mardi Wibowo, S.E., M.Si., Ketua Program “PM-UPUD Peningkatan Kapasitas dan Mutu Produk Batik Berbasis Green Management di Kabupaten Jombang” Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya di Jombang, Jawa Timur. 

Nugroho mengungkapkan, berdasarkan masalah-masalah tersebut, dirinya bersama dosen UWP seperti Yuyun Widiastuti, S.E.,M.M, Siswadi, ST., M.Si, dan empat mahasiswa UWP serta dibantu oleh Achmad Chusnun Ni’am, S.Si.,M.T., Ph.D dari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan skema Pemberdayaan Mitra Usaha Produk Unggulan Daerah (PM-UPUD) yang dibiayai oleh Direktorat Riset, Teknologi, & Pengabdian kepada Masyarakat – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, & Teknologi - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun anggaran 2023. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut