get app
inews
Aa Read Next : Mudik Asyik BUMN 2024, PT Pegadaian XII Surabaya Berangkatkan 200 Orang, Ini Rutenya

Ritual Wayang Bersihkan Desa dari Masalah, Budaya Leluhur yang Hampir Dilupakan Warga

Kamis, 14 September 2023 | 22:19 WIB
header img
Ritual Wayang Bersihkan Desa dari Masalah, Budaya Leluhur yang Hampir Dilupakan Warga. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Modernisasi yang menyerang budaya Indonesia tak semua punah. Di wilayah-wilayah pedesan masih terdapat warga yang mempertahankan budayanya. Bahkan mereka menjadikan sebagai ritual rutin tahunan. 

Kondisi ini terjadi di tengah masyarakat Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur yang menggelar ritual bersih Desa. Uniknya ritual ini dilakukan dengan menghadirkan pagelaran wayang kulit sebagai salah satu upacara sakralnya.

Masyarakat Desa Tapanrejo, berkumpul di pelataran pura Desa untuk mengikuti ritual bersih Desa yang diadakan setiap tahun. Ritual ini bertujuan untuk membersihkan dan menyucikan seluruh Desa dari berbagai energi negatif serta memohon berkah dari para leluhur. 

Tahun ini ritual tersebut memiliki nuansa yang lebih istimewa karena dihadiri oleh dalang terkenal, Ki Yuwono Lebdo Carito dari Banyuwangi, yang akan memerankan tokoh-tokoh dalam wayang kulit.

Ki Yuwono Lebdo Carito, seorang ahli dalam seni wayang kulit yang terkenal di seluruh Pulau Jawa, akan memainkan pertunjukan kisah Abimanyu Nugroho wahyu Cakraningrat dalam rangkaian upacara bersih Desa. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut