get app
inews
Aa Read Next : Rayakan 70 Tahun Diplomasi Indonesia-Finlandia, Nola Learning Center Gelar Acara JOY of LEARNING

Khofifah Minta Kepala Daerah di Jatim Lakukan Mitigasi Hadapi El Nino

Rabu, 27 September 2023 | 14:47 WIB
header img
Khofifah Minta Kepala Daerah di Jatim Lakukan Mitigasi Hadapi El Nino. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta semua pihak, termasuk para bupati/walikota di Jatim untuk menyiapkan langkah mitigasi dalam menghadapi El Nino. Berdasarkan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), pada minggu kedua atau ketiga November sudah mulai terjadi hujan dengan intensitas cukup.

Langkah mitigasi dan preventif tersebut salah satunya yaitu dengan mengecek kondisi dam di masing-masing wilayah. Ini penting karena beberapa kasus banjir yang terjadi di Jatim disebabkan adanya tumpukan sampah di beberapa dam. Sehingga ketika ada arus air besar maka air tidak bisa mengalir dengan baik.

"Maka yang harus dilakukan adalah gotong royong, kerja bakti, sinergi  dan antisipasi bersama," kata Khofifah saat memimpin Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Dampak El Nino dan Banjir Tahun 2023/2024 di Bendungan Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Rabu (27/9/2023).

Khofifah juga meminta dilakukan pengecekan pada Rumah Pompa yang fungsinya sangat signifikan dalam pengaturan air. Bahkan, ia sudah beberapa kali mengecek langsung kondisi Rumah Pompa baik yang dalam koordinasi Pemprov maupun Pemkab/Kota.

"Dalam Rumah Pompa jangan sampai ada listrik yang tidak mengalir sehingga ketika dilakukan proses pengaturan air  tidak berfungsi. Dan bisa berdampak pada terjadinya banjir," terangnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut