get app
inews
Aa Read Next : Catat! Ini Syarat Jadi Bakal Calon Bupati PDI Perjuangan Jombang 2024, Simak Batas Waktunya

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Agatha Optimis Fisik dan Mental Bangsa Indonesia Hebat

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 13:10 WIB
header img
Agatha Retnosari saat membuka seminar bertajuk “Kamu Tidak Sendiri” yang digelar di Hotel Aria Surabaya, Sabtu (14/10/23). Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Anggota DPRD Komisi B Provinsi Jawa Timur, Agatha Retnosari, optimis Indonesia bisa menjadi bangsa yang hebat baik secara fisik maupun mentalnya. 

Sebab, kata dia, dalam lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza, salah satunya menyebutkan bahwa Indonesia dibangun tidak hanya badannya, tetapi juga jiwanya. 

“Kita bisa menjadi bangsa yang hebat, tidak hanya urusan fisik, tapi juga mental,” kata Agatha saat membuka seminar bertajuk “Kamu Tidak Sendiri” yang digelar di Hotel Aria Surabaya, Sabtu (14/10/23). 

Seminar dan pelatihan yang menghadirkan pakar psikologi, Barbara Nathania, M.Psi tersebut untuk memperingati Hari Kesehatan Mental sedunia yang diperingati setiap tanggal 10 Oktober,

Tidak hanya tenaga kesehatan dan guru yang hadir, banyak juga mahasiswa yang tertarik juga dengan tema ini, karena memang berhubungan dengan kondisi saat ini yang sangat rentan dengan masalah kesehatan mental.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan ini memang concern dengan urusan kebangsaan, salah satunya adalah perkara mental anak bangsa. Karena generasi saat ini adalah penerus pemimpin masa depan.

Menurut data yang dikumpulkan Agatha dari laporan Indonesia National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) menunjukkan bahwa 1 dari 3 remaja Indonesia usia 10-17 tahun memiliki masalah kesehatan mental. 

Sementara 1 dari 20 remaja Indonesia memiliki gangguan mental dalam 12 bulan terakhir (data 2022). Dilansir dari laman Uiversitas Gadjah Mada (UGM), angka tersebut setara dengan 15,5 juta dan 2,45 juta remaja.

Melalui pelatihan ini, Agatha mengajak warga Indonesia untuk lebih perhatian dengan kondisi ini. Agatha menghadirkan salah satu pakar psikologi untuk memberikan pemaparan lebih lanjut terkait kesehatan mental. 

“Melalui acara ini sebenarnya saya ingin memberikan bekal penguatan untuk masing-masing pribadi lebih dahulu. Mulainya dari diri sendiri. Spektrumnya sangat luas, masing-masing adalah pribadi yang unik. Tidak ada yang sempurna. Acceptance dulu. Semoga pengalaman malam hari ini memperkaya diri kita masing-masing,” tutur Agatha menutup pelatihan ini.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut