get app
inews
Aa Read Next : Catat! Ini Syarat Jadi Bakal Calon Bupati PDI Perjuangan Jombang 2024, Simak Batas Waktunya

Hari Kesehatan Mental Sedunia, Agatha Optimis Fisik dan Mental Bangsa Indonesia Hebat

Sabtu, 14 Oktober 2023 | 13:10 WIB
header img
Agatha Retnosari saat membuka seminar bertajuk “Kamu Tidak Sendiri” yang digelar di Hotel Aria Surabaya, Sabtu (14/10/23). Foto/Istimewa

Barbara Nathania, M.Psi, dosen dan terapis autis ini membuka dengan bicara tentang stigma. Tidak hanya stigma kepada orang lain, tetapi stigma untuk diri sendiri juga tidak baik. 

“Sedikit-sedikit bilang saya ini anxiety disorder. Saya ini hiperaktif, sehingga susah fokus. Padahal tidak sesederhana itu, untuk mengatakan diri kita dengan label saya begini saya begitu," tuturnya.

Banyaknya informasi yang dibagi melalui sosial media menjadikan kita lebih peduli dengan kesehatan mental diri. Deteksi dini memang baik untuk penanganan dari awal. 

Namun, stigma tersebut terkadang menjadikan alasan untuk kita semakin tidak produktif dan membatasi diri menjadi tidak berkembang. Selfcare adalah upaya untuk membuat diri kita berdaya dan berfungsi secara optimal. 

Beberapa tips dibagikan oleh Nathania untuk mengatasi hal-hal yang dirasa bermasalah dalam diri kita. Kemudian, sesuai tema yang diambil, Nathania juga mengajak untuk caring communication dengan teman yang ada di sekitar. Kuncinya adalah mendengarkan. 

“Kita sebagai teman, bisa mendengarkan lalu mencari kekuatan yang bisa membantu dia pulih dari permasalahan. Hindari perkataan yang membuat dia merasa tidak berharga,” begitu tips dari Nathania.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut