get app
inews
Aa Read Next : Strategi Baru Kemenkumham Jatim untuk Perlindungan Hak Anak dan Pengampuan, Ini yang Dilakukan

Pemberi Bantuan Hukum Tak Penuhi Target, Anggaran Dialihkan, Ini Alasannya

Senin, 16 Oktober 2023 | 08:18 WIB
header img
Pemberi Bantuan Hukum Tak Penuhi Target, Anggaran Dialihkan. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kemenkumham Jatim mengoptimalkan pemberian bantuan hukum untuk masyarakat miskin. Salah satu caranya dengan melakukan evaluasi terhadap kinerja Pemberi Bantuan Hukum (PBH) secara jelas. 

PBH yang tidak bisa memenuhi target anggarannya dipotong dan dialihkan untuk PBH yang serapan anggarannya lebih optimal. Pengalihan anggaran itu ditandai dengan penandatanganan kontrak addendum pelaksanaan bantuan hukum triwulan III 2023 di Kanwil Kemenkumham Jatim. 

Pelaksanaan kegiatan dipimpin oleh Kadiv Yankumham Nur Ichwan. Dia didampingi oleh Kabid Hukum Haris Nasiroedin dan Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum, dan JDIH, Lusie Irawati beserta tim Panitia Pengawas Daerah Pelaksanaan Program Bantuan Hukum Tahun 2023. 

"Pelaksanaan kegiatan Penandatanganan Kontrak Addendum Pelaksanaan Bantuan Hukum Triwulan III Tahun 2023 ini merupakan hasil evaluasi dari Tim Panitia Pengawas Daerah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur," ujar Ichwan, Minggu (15/10).

Hasil evaluasi tersebut dilaporkan kepada Tim Panitia Pengawas Pusat (PANWASPUS) Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dengan penilaian berbasis kinerja pelayanan dan penyerapan anggaran selama periode kontrak bantuan hukum dari bulan Januari-September tahun 2023.

"Terdapat 25 OBH yang mendapat penambahan anggaran, sebanyak 15 OBH yang mendapat pengurangan anggaran, dan terdapat 25 OBH yang tidak mendapatkan penambahan maupun pengurangan," lanjut Ichwan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut