get app
inews
Aa Read Next : Kontroversi di Balik Debat ke-4 Pilpres 2024, Mahfud MD Nilai Pertanyaan Gibran Recehan dan Ngawur

SSC : Mahfud MD Pecah Suara Nahdliyin pada Pilpres 2024

Kamis, 19 Oktober 2023 | 10:06 WIB
header img
Peneliti Senior SSC, Surokim Abdussalam. Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  Peneliti Senior di Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdus Salam menyebut sosok Mahfud MD yang saat ini resmi menjadi cawapres Ganjar Pranowo bisa memecah suara Nahdliyyin pada Pilpres 2024, khususnya di wilayah Jawa Timur.

"Jawa Timur tetap akan menjadi wilayah penentu untuk kontestasi Pilpres RI. Apalagi wilayah ini juga kerap punya keunikan, heterogenitas dan banyak pengaruh untuk wilayah yang lain di Nusantara," katanya. 

Menurut Dosen Komunikasi Politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) ini, majunya Mahfud MD yang notabene berasal dari Madura Jawa Timur jelas akan banyak mengubah peta dukungan dalam konstelasi pemilih jatim. Apalagi Mahfud selama ini dikenal sebagai tokoh loyalis Gus Gur yang punya pengikut kuat di wilayah Jatim. 

"Pak Mahfud punya potensi gabungan tak hanya Nahdliyin, tetapi juga punya kapasitas dan pengalaman mumpuni yang komplet," tegasnya.

"Menurut saya pak Mahfud dipilih karena potensi elektoralnya yang bisa menambal kekurangan pak Ganjar. Pak Mahfud jelas dari sisi modal ekonomi bisa dikatakan minimalis, tetapi tetapi dipilih PDI Perjuangan karena potensi elektoral itu," lanjutnya.

Mahfud MD dengan segenap integritas, pengalaman dan ketokohannya bisa meperkuat Ganjar dan juga sesuai kebutuhan saat ini. 

Selain itu, Putera Madura tersebut juga punya pengalaman yang relatif lengkap baik di legislatif, eksekutif maupun yudikatif. 

"Beliau juga tokoh Nahdliyin yang gak diragukan loyalitasnya pada Gus Dur, dan sikapnya sederhana, lugas, tegas dan apa adanya relatif disukai pemilih milenial," ungkap Warek kemahasiswaan UTM ini.

Disisi lain, kata Surokim, kondisi dan konteks saat ini juga membutuhkan tokoh yang kuat untuk mewujudkan daulat hukum. Mahfud MD termasuk tokoh yang punya kapasitas dan intergritas di bidang itu. 

"Potensi beliau untuk mengaet suara swing voters dan undecided voters saya pikir cukup menjanjikan," kata dia.

Modal sosial integritas dan kejujurannya Mahfud MD, menurut Surokim merupakan potensi yang akan menarik perhatian pemilih. Dan jika bisa dijaga, dipelihara dan dimaksimalkan akan bisa menggaet pemilih-pemilih liar yang belum menentukan pilihan.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut