get app
inews
Aa Read Next : Madura Ethnic Carnival Bakal Digelar Kembali, Catat Ini Tanggalnya

Prosesi Arya Wiraraja Sumenep Digelar di Kota Lama Kalianget

Senin, 23 Oktober 2023 | 17:43 WIB
header img
Prosesi pelantikan Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep pertama, akan turut menyemarakkan perayaan hari jadi ke-754 Kabupaten Sumenep. Foto/Istimewa

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Pertunjukan drama kolosal dengan latar kisah prosesi pelantikan Arya Wiraraja sebagai Adipati Sumenep pertama, akan turut menyemarakkan perayaan hari jadi ke-754 Kabupaten Sumenep. Prosesi ini akan berlangsung Sabtu (28/10/2023). 

Bupati Sumenep, Madura, Jawa Timur, Achmad Fauzi Wongsojudo atau biasa disapa Cak Fauzi mengatakan, pelaksanaan prosesi Arya Wiraraja tahun ini akan bergeser dari kota. Ini karena Cak Fauzi menginstruksikan untuk dilakukan di kota lama Kalianget. 

“Proses kali ini kita gelar di Kalianget. Acaranya mulai jam 7 pagi. Prosesi Arya Wiraraja sekaligus menjadi bagian dari perayaan hari jadi ke-754 Kabupaten Sumenep,” kata Cak Fauzi, Senin (23/10/2023).

Prosesi kali ini akan diikuti dengan kegiatan-kegiatan lain. Itu karena Pemerintah Kabupaten Sumenep turut menghadirkan beragam kegiatan untuk semakin menyemarakkan acara. 

Selain menempatkan tari kolosal dan prosesi Arya Wiraraja, ada juga pertunjukan topeng dalang, dhammong kreasi, saronen, jaran serek, juga kirab masyarakat. 

“Ada juga khusus kirab dari tujuh desa. Kami juga mengikutsertakan tong-tong serek, tujuh kereta kencana, termasuk kirab dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan camat,” ungkap Cak Fauzi. 

Lantaran ada banyaknya kegiatan, Cak Fauzi turut mengajak masyarakat di luar Sumenep untuk datang, dan menyaksikan betapa sakral dan megahnya budaya yang ada di Sumenep. Tak kalah penting, sehari setelah proses Arya Wiraraja, Cak Fauzi turut mengadakan Haul Raja-Raja Madura

“Ada banyak kegiatan dan acara sebagai rangkaian dari perayaan hari jadi Kabupaten Sumenep. Yang jelas, setiap acara yang dibuat memiliki daya tarik tersendiri. Menyesal jika tak datang ke Sumenep,” kata Cak Fauzi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut