get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi Wisata Keluarga Selama Liburan Hari Raya

Semangat Masyarakat Kampung Mutus Lestarikan Ekosistem Terumbu Karang di SAP Kepulauan Raja Ampat

Jum'at, 28 Januari 2022 | 14:20 WIB
header img
Masyarakat pesisir Kampung Mutus, bergotong royong membuat Kebun Karang di Dasar Laut, dikawasan sekitar Kampung Mutus, Distrik Waigeo Barat, Raja Ampat, Papua Barat, Rabu (26/01/2022). (Foto: Ali Masduki)

Sementara itu Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir (PELP) BKKPN Kupang Satker Raja Ampat, Azhar Muttaqin, menambahkan bahwa metode yang digunakan untuk membuat kebun karang ini merupakan metode yang baru dilakukan di SAP Raja Ampat. 

Selain ramah lingkungan, metode ini minim biaya. Sehingga masyarakat bisa melakukan rehabilitasi terumbu karang. Alat-alat yang digunakan juga cukup mudah. Hanya dengan mengenakan masker, mereka dapat mengumpulkan karang-karang yang sudah mati dan menambahkan patahan karang-karang yang ada disekitar. Sehingga tidak membutuhkan biaya yang besar. 

"Yang paling membuat saya bangga, bahwa masyarakat mulai sadar akan pentingnya ekosistem terumbu karang. Sehingga masyarakat melakukan kegiatan inipun karena kebutuhan mereka sendiri. Bukan karena adanya program ataupun bantuan. Semoga bisa terus berkelanjutan," tukasnya.

Ia berharap, pembuatan kebun karang ini bisa beedampak baik bagi ekosistem terumbu karang dan bisa ditularkan ke kampung-kampung lainnya yang ada di kawasan SAP Perairan Raja Ampat.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut