get app
inews
Aa Read Next : Dicurhati Penyandang Tuli di Maluku, Ganjar Siap Berikan Kesetaraan dan Keadilan Bagi Kaum Difabel

Sebentar Lagi Timur Indonesia Dapat Menikmati Cahaya Lampu

Jum'at, 28 Januari 2022 | 17:58 WIB
header img
PAL dan IP berbagi bersama anak panti asuhan Muhammdiyah Nyai Walidah, pada hari Kamis, 27 Januari 2022. (Foto: Dok PT PAL)

Dalam Peraturan Menteri (Permen) BUMN tentang pedoman kerja sama BUMN PER- 04/MBU/08/2017 yang membahas tentang kerjasama dengan mitra yang terdiri dari BUMN serta anak perusahaan BUMN. Tujuan dari sinergi BUMN sebagai bentuk aksi percepatan dalam melakukan proses pengadaan, fleksibel, efisien dan efektif. 

PAL melalui kolaborasi ini ikut berkontribusi dalam mewujudkan pemenuhan rasio elektrifikasi di Indonesia menuju 100%.

Direktur Utama PT Indonesia Power, Ahsin Sidqi menambahkan, bahwa saat ini BMPP Nusantara 1 60MW telah menyelesaikan proses pre-commissioning untuk sistem piping, mechanical & electrical instrument. 

Setibanya di Ambon, BMPP Nusantara 1 akan dilakukan penyambungan sistem ke darat untuk pipa bahan bakar, gas, dan listrik. Dilanjutkan dengan pengujian/commissioning yang akan dilakukan setelah semua terhubung dengan baik. 

Ketika listrik dapat digunakan maka akan dilakukan interkoneksi dengan jaringan yang ada di (darat) Ambon. Disisi lain, hal ini dapat dilakukan penyerapan tenaga kerja lokal selama proses pengerjaannya.
 
"Segera setelah BMPP berlabuh di Ambon, akan dilaksanakan pekerjaan evakuasi daya, RLB, backfeeding, RLS, sinkron sampai dengan Laik Operasi BMPP, untuk mendukung sistem kelistrikan wilayah Ambon sebelum tanggal 31 Maret 2022," ujarnya.
 
Sinkronisasi dengan sistem kelistrikan di Ambon, dijadwalkan pada Maret 2022. BMPP Nusantara 1 ditargetkan dapat beroperasi (Commercial Operation Date/COD) pada April 2022.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut