get app
inews
Aa Read Next : Asuransi Garda Oto Bikin Pengendara Mobil Bebas Cemas

Astra Datangkan 134 Perwakilan Sekolah dalam Forum Komunikasi Sekolah Binaan Ke-10 2023

Senin, 13 November 2023 | 22:50 WIB
header img
Para Pengurus Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim mengabadikan momen wisuda bersama Para Perwakilan Sekolah Mandiri di acara Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) Ke-10. Foto/Istimewa

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Bertepatan dengan Hari Pahlawan, Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menyelenggarakan acara tahunan Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) di Kota Pahlawan, Surabaya.

FKSB diikuti oleh 134 peserta, yang terdiri dari 122 Kepala Sekolah, 9 Guru Inspiratif, dan 3 Pengawas Sekolah Inspiratif.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyatukan visi dan misi setiap sekolah binaan, sekaligus mengapresiasi pencapaian sekolah-sekolah terbaik yang berlangsung selama 3 hari, 10 November - 12 November 2023.

Acara Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) ke-10 ini bertema “Bergerak Pantang Menyerah Untuk Masa Depan Pendidikan Indonesia”. Tema tersebut sejalan dengan Pilar Astra Untuk Indonesia Cerdas, yakni untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa.

FKSB ini memberikan wadah bagi para kepala sekolah dan guru binaan untuk berbagi informasi, saling belajar antara satu dengan yang lain, meningkatkan wawasan, dan terus saling memotivasi.

“Menjadi guru adalah pekerjaan yang paling mulia, tapi hambatannya luar biasa. Melalui kegiatan ini, kami berharap  Bapak dan Ibu dapat bersama-sama menjadi agen perubahan guna memperjuangkan kualitas pendidikan Indonesia,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR, Gunawan Salim terkait pemilihan tema untuk FKSB tahun ini.

Dalam acara ini, setiap perwakilan daerah turut serta dalam pengukuhan komitmen dalam rangka mengakselerasikan perkembangan sistem pendidikan di daerah masing-masing dalam waktu satu tahun ke depan.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan kegiatan kolaboratif antara para peserta untuk membangun sinergi yang seirama dengan tema "Pantang Menyerah.”

Pada kesempatan ini, Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN), Drs. H. Alimuddin, M.Si. dan para kepala sekolah berbagi pengalaman mereka sebagai praktisi di dunia pendidikan yang mereka terapkan di lingkungan masing-masing.

Sesi yang disebut "Best Practices" tersebut menjadi pembekalan bagi para peserta dalam mengimplementasi komitmen mereka mulai tahun depan.

Melalui FKSB, YPA-MDR memberikan penghargaan kepada sejumlah sekolah dengan predikat Sekolah Unggul, Gerakan Penghijauan Indonesia, Pekan Inovasi Guru, Kepala Sekolah Inspiratif, Guru Inspiratif, Sekolah Terbaik, dan lain-lain.

Wisuda Sekolah Independen, yang merupakan pendeklarasian sekolah binaan yang dianggap sudah layak untuk beroperasi secara mandiri menjadi penutup rangkaian acara FKSB pada Minggu (12/11).

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut