get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Kades Banyuwangi Kepung Kantor Bupati, Ini yang Diminta

DLH Kabupaten Kediri Patroli Pohon, Hindari Tumbang di Musim Hujan

Jum'at, 28 Januari 2022 | 21:26 WIB
header img
Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri bergerak cepat menerjunkan timnya untuk patroli pemangkasan pohon agar tidak lagi timbul korban.

KEDIRI, iNews.id - Musim penghujan serta cuaca ektrem tahun ini membuat pohon rawan tumbang. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri bergerak cepat menerjunkan timnya untuk patroli pemangkasan pohon agar tidak lagi timbul korban.

Semenjak memasuki musim penghujan banyak informasi pohon tumbang hingga menimpa rumah dan pengendara motor. Kondisi ini menjadi perhatian serius Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri, secara berkelanjutan DLH Kabupaten Kediri membentuk tim Khusus yang setiap hari melakukan patroli pohon dan perantingan dahan atau pemangkasan pohon agar tidak tumbang.

Putut Agung Subekti, Kepala DLH Kabupaten Kediri menjelaskan, tim DLH dengan mobil crane setiap hari keliling wilayah Kabupaten Kediri, melakukan pembangkasan ranting. “Kami sering mendapatkan aduan dari masyarakat adanya pohon tumbang. Pohon tumbang itu banyak menimpa pengguna jalan. Terlebih cuaca ektrem dengan sering terjadi puting beliung dan menimpa rumah,”  ucapnya, Jumat (28/1).

Putut menambahkan, dalam kondisi seperti sekarang petugas DLH memang mengintensifkan pemantauan pohon tua rawan tumbang. Hal ini perlu dilakukan sebagai upaya pengurangan risiko bencana di Kabupaten Kediri. “Ranting pohon besar paling atas yang banyak daunya kami pangkasi dan kami kurangi, agar ada keseimbangan, dan pohon tidak mudah tumbang,” katanya.

“Kami tidak sekedar memangkas namun juga tetap mengedepankan estetika agar pohon tetap indah dan rindang,” tutup Putut.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut