get app
inews
Aa Read Next : KKP Genjot Investasi Sektor Perikanan Tuna, Potensi di Jawa Timur Sangat Besar!

Ingatkan Presiden RI, Setara Institute Minta Netralitas dalam Pemilu 2024

Senin, 20 November 2023 | 19:43 WIB
header img
Ingatkan Presiden RI, Setara Institute Minta Netralitas dalam Pemilu 2024. Foto iNewsSurabaya/ist

JAKARTA, iNewsSurabaya.id – Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Ismail Hasani, mendorong Presiden Joko Widodo untuk menjaga netralitas dalam pilpres dan pemilu 2024. Sikap tersebut dibutuhkan untuk melihat proses pemilu lebih baik. 

“Demi keadilan pemilu, Setara Institute mendorong netralitas genuine yang didukung oleh sistem, standar operasi, dan penyikapan atas dugaan pelanggaran alat-alat negara secara transparan dan berkeadilan. Langkah ini akan efektif hanya jika dimulai dari Presiden Jokowi,” kata Ismail, Senin (20/11/2023).

Seperti diketahui, hari-hari ini publik disuguhi hasil survei tentang elektabilitas capres dan cawapres yang semakin tidak masuk akal. Masyarakat, tidak mengetahui posisi lembaga survei tersebut, apakah juga merangkap sebagai konsultan politik, juru kampanye yang berlindung di balik kebebasan akademik survei, atau agitator yang bertugas menggiring opini tentang hal-hal yang dikehendaki pemesan. 

Ismail Hasani mengatakan, dalam situasi saat ini, pihaknya sangat menyayangkan materi-materi yang bertentangan dengan Konstitusi RI malah dipromosikan dengan tujuan tertentu. Dia memberikan contoh, misalnya hasil survei jabatan tiga periode pada tahun lalu, survei afirmasi atas politik dinasti yang merusak demokrasi, survei afirmasi putusan MK No. 90/PUU-XXI/2023 dan Putusan MKMK, dan lainnya. 

“Di tengah keterbatasan pengetahuan publik atas term-term tersebut, pengambilan sampel secara acak, hanya akan menghasilkan afirmasi atas berbagai kehendak-kehendak inkonstitusional, niretika dan merusak demokrasi,” kata Dosen Hukum Tata Negara UIN Syarif Hidayatullah ini.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut