get app
inews
Aa Read Next : UK Petra-KAD Anti Korupsi Jatim Ajak Mahasiswa Bangun Integritas di Kampus

Mengenal Jianzhi, Seni Tertua Asal Negeri Tirai Bambu

Senin, 31 Januari 2022 | 16:55 WIB
header img
Princesia Sofie, mahasiswi prodi Bahasa Mandarin saat membuat Chinese Knot. (Foto: Dok UK Petra)

SURABAYA, iNews.id - Tahun Baru Imlek merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh sebagian besar masyarakat dunia. Ornamen khas negeri Tirai Bambu pun kerap mewarnai setiap sudut.

Salah satu ornamen yang menghiasi Tahun Baru Imlek, salah satunya adalah Jianzhi. Kerajinan ini disebut sebagai salah satu seni tertua asal China.

Ketua Himpunan Mahasiswa Desain Interior UK Petra Surabaya, Ester Joice Ludang, menuturkan Jianzhi merupakan seni potong kertas dan merupakan salah satu seni tertua asal China. 

Biasa digunakan untuk dekorasi rumah pada saat tahun baru Imlek, upacara pernikahan, sampai upacara penguburan. "Bentuknya pun sangat bervariasi, mulai dari karakter-karakter huruf Mandarin maupun bentuk-bentuk hewan, tumbuhan, dan manusia," tuturnya disela pameran bertajuk Luminous, di Creative Co-Design Studio UK Petra Surabaya.

Ia menjelaskan, alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat Jianzhi sangat sederhana dan mudah didapatkan. Cukup menyiapkan kertas angapo, isolasi, origami dan cutter.

Dengan bigitu, kata dia, maka suasana imlek pun terasa hidup. Tidak hanya dirasakan lewat kegiatan membuat ornament saja, tetapi juga dirasakan melalui dekorasi ruangannya. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut