get app
inews
Aa Read Next : Lancarkan Apel Siaga Idul Fitri 1445 H, PLN Icon Plus Lakukan Penataan Kabel di Gresik

Waspada Musim Hujan, PLN UP3 Pasuruan Bersama PLN Icon Plus Lakukan Penataan Kabel di Tiang PLN

Sabtu, 09 Desember 2023 | 07:00 WIB
header img
Penataan kabel listrik di Tiang Listrik Tegangan Rendah (TR) milik PLN di sepanjang jalan Panglima Sudirman, kota Pasuruan, Jawa Timur. Foto/Dok PLN Icon Plus

PASURUAN, iNews.id – PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pasuruan berkolaborasi dengan PLN Icon Plus Strategic Business Unit Jawa Bagian Timur melakukan penataan kabel bersama. 

Hal itu sebagai langkah tindak lanjut setelah dilakukan pengamatan kondisi jaringan kabel di tiang-tiang PLN, di kota Pasuruan yang masih terdapat jaringan kabel-kabel yang perlu dilakukan penataan. 

Lokasi yang di targetkan kali ini adalah di sepanjang jalan Panglima Sudirman, kota Pasuruan, Jawa Timur dengan menata kabel listrik di Tiang Listrik Tegangan Rendah (TR). 

“Kegiatan ini sudah menjadi prioritas pada saat ini, kami lakukan penataan bersama dengan PLN Icon Plus yang menggunakan tiang untuk jaringan telematika,” jelas M. Abdul Basyid N.F, Manager UP3 Pasuruan. 

Untuk pekerjaan penataan kabel jaringan fiber optic sendiri dilaksanakan oleh Tim Operasi, Pemeliharaan dan Aset PLN Icon Plus. 

Direktur Utama PLN Iconplus, Ari Rahmat Indra Cahyadi dalam arahannya menyatakan, PLN Iconplus sebagai Subholding Beyond Kwh PLN telah diberikan amanah yang besar oleh Dirut PLN yaitu Right of Ways (ROW) di tiang-tiang milik PLN.

"Sudah seharusnya sebagai bentuk tanggung jawab kita kepada holding dan pelanggan, maka akan terus melakukan kegiatan penataan ini bersama-sama dengan PLN unit-unit setempat demi terjaganya aset-aset ketenagalistrikan, layanan yang handal bagi seluruh pelanggan dan juga estetika kota tersebut," terangnya.

Sementara menurut Rory Aditya, Senior Manager PLN Iconplus SBU Regional Jawa Timur, bahwa ketika jaringan kabel telematika yang berada di bawah jaringan kabel listrik ini rapi, maka akan mempermudah proses pemeliharaan dan perbaikan jaringan telekomunikasi dan jaringan listrik apabila terjadi gangguan. 

“Ini penting untuk menegaskan komitmen kami dalam menjaga aset ketenagalistrikan atau Right of Ways (ROW) dan kita data juga kabel-kabel milik siapa saja yang terpasang selain milik PLN Icon Plus,” kata Rory. 

Setelah didata, secara teknis kabel-kabel yang tidak terutilisasi akan dilakukan pemotongan. Sementara yang masih terpakai akan diikat menjadi satu menggunakan O-ring sehingga menjadi lebih bagus dilihat. 

Penataan Kabel di Tiang PLN kali menerjunkan sebanyak 8 orang petugas lapangan gabungan. Terdiri dari 1 pengawas pekerjaan dan 1 petugas pengawas K3 yang menggunakan alat pelindung diri dan tools kerja standar, sehingga tetap mengedepankan safety first dan zero accident. 

Kegiatan ini merupakan wujud nyata eksekusi program penataan dan penertiban atas pemanfaatan dan penggunaan aset ketenagalistrikan (P3AK) yang dicanangkan oleh Direksi PLN Group.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut