get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Mutu Pendidikan, Grup Merdeka Kenalkan Dunia Pertambangan di Kalangan Akademisi

AMD Indonesia Dukung Peningkatan Kualitas Perguruan Tinggi

Senin, 11 Desember 2023 | 18:33 WIB
header img
Brando Lubis, Commercial Lead, AMD Indonesia (kiri) melalukan penandatanganan MOU dengan perwakilan AMIKOM Yogyakarta yakni Hanif Al Fatta, M.Kom., Ph.D (tengah) dan Barka Satya,M.Kom selaku Kaprodi Vokasi D3 Teknik Informatika (kanan) dalam acara Rakornas Aptikom 2023 di Malang, 8 Desember 2023. Foto/Istimewa

MALANG, iNewsSurabaya.id - AMD Indonesia mendukung penuh program tridarma perguruan tinggi yang dijalankan oleh Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) dan AMIKOM. Dukungan tersebut dilaksanakan melalui koordinasi pelaksanaan program yang tepat. 

Hal ini disampaikan Commercial Lead AMD Indonesia, Brando Lubis,  usai melakukan penandatanganan atau Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan APTIKOM dan Universitas AMIKOM Yogyakarta - Fakultas Ilmu Komputer tentang Pelaksanaan Program Tridarma Perguruan Tinggi Berupa Pengembangan Pendidikan, Pengajaran, Penelitian dan Program Pengabdian Kepada Masyarakat serta Penyediaan Sumber Daya Manusia, di Dome Universitas Muhammadiyah Malang,  8 Desember 2023.

Penandatanganan atau MoU atau Nota Kesepahaman dengan APTIKOM dan Universitas AMIKOM Yogyakarta, juga dalam rangkaian Rakornas APTIKOM.

Melalui kerjasama ini, kata Brando Lubis, juga diharapkan adanya sinergi berbagai program lainnya untuk mendukung peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer di Indonesia. 

“Khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan komitmen AMD untuk terus berinovasi sehingga mampu mewujudkan sumber daya yang handal dibidangnya,” ujarnya.

Penandatanganan 2 MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Commercial Lead AMD Indonesia, Brando Lubis dan perwakilan dari AMIKOM Yogyakarta yakni Hanif Al Fatta, M.Kom., Ph.D. Sedangkan dengan APTIKOM ditandatangani oleh perwakilan pihak APTIKOM yakni Ketua Umum APTIKOM, Prof.Dr.rer.nat Achmad Benny Mutiara Q.N.SSi Skom. 

Brando Lubis menjelaskan, latar belakang inisiasi AMD untuk mengambil bagian dalam penandatanganan 2 MoU atau Nota Kesepahaman pada kesempatan acara Rakornas tersebut adalah fakta bahwa capaian sumber daya manusia yang handal dibidangnya tentu tak lepas dari kualitas perguruan tinggi. 

"Karena itu, perguruan tinggi perlu melakukan sinergi dengan berbagai pihak baik itu pemerintah maupun swasta. Sehingga dapat mendukung kualitas dari lulusan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah gempuran persaingan ketat saat ini," terangnya.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini, ungkap Brando Lubis, dimaksudkan untuk membentuk wadah sarana komunikasi, koordinasi, dan pendampingan dalam rangka peningkatan kualitas Pendidikan Tinggi bidang Informatika dan Komputer di Indonesia melalui pengajaran, penelitian, program pengabdian kepada masyarakat dan penyediaan SDM. 

Selain itu, juga sebagai awal penanda simbolis kerjasama AMD dengan APTIKOM dan AMIKOM untuk bersinergi bersama dalam hal mengoptimalkan potensi sumber daya manusia (SDM).

“Dengan demikian, nantinya SDM mampu terjun langsung dengan memberikan kontribusi nyata di masyarakat. Hal tersebut merupakan salah satu bagian komitmen dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pemberdayaan dan pengabdian masyarakat,” tambahnya.

 

 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut