get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Mantu Banyu, Tradisi Tasyakuran 90 Tahun Irigasi Waduk Pacal yang Diikuti 32 Daerah di Jawa Timur

Kamis, 14 Desember 2023 | 10:45 WIB
header img
Tradisi Mantu Banyu, proses Tasyakuran 90 Tahun Irigasi Waduk Pacal yang Diikuti 32 Daerah di Jawa Timur. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Provinsi Jawa Timur (Jatim) bersama Balai Besar Bengawan Solo (BBWS) menggelar acara tasyakuran Mantu Banyu 90 tahun irigasi Waduk Pacal

Kepala Dinas PU SDA Jatim Baju Trihaksoro mengatakan, kegiatan tasyakuran mantu banyu 90 tahun irigasi waduk pacal ini adalah inisiatif para petani yang diwakili oleh para anggota gabungan himpunan petani pemakai air (GHIPPA) daerah Waduk Pacal yang saat ini sudah mengairi selama 90 tahun. 

Dengan diselenggarakannya mantu banyu ini diharapkan pengelolaan sumber daya air di Kabupaten Bojonegoro khususnya di waduk pacal ataupun waduk gongseng semakin baik.

“Kedepan ini akan menjadi kegiatan tahunan yang digelar keliling jatim ke lokasi bangunan air yang baru atau pun peninggalan masa kolonial," tuturnya, Kamis (14/12/2023).

Sementara itu, Asisten 3 Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Jatim, Akhmad Jazuli mengatakan, dengan diadakannya tasyakuran mantu banyu ini menunjukkan semangat masyarakat dalam melestarikan budaya Waduk Pacal yang saat ini genap berusia 90 tahun.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut