get app
inews
Aa Read Next : Depot 369 Shanghai Dumpling and Noodle Surabaya Kini Sajikan Menu Bervariasi

Pentas di Waroeng Joglo Merah Putih, Meimura Ingatkan Pentingnya Persatuan di Tahun Politik

Kamis, 21 Desember 2023 | 20:54 WIB
header img
Seniman Ludruk Meimura membawakan Ludruk Garingan dengan judul "Besut, Rusmini, Tulak Balak" di Waroeng Joglo Merah Putih, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/12/2023). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Seniman Ludruk Meimura kembali mentas di Waroeng Joglo Merah Putih, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (21/12/2023). Kali ini, Meimura membawakan Ludruk Garingan dengan judul "Besut, Rusmini, Tulak Balak".

Selain untuk menghibur para pengunjung warung yang kental dengan etnik Jawa di Surabaya, pertujukan wayang suket ini sekaligus mengingatkan masyarakat betapa pentingnya persatuan di tahun politik.

"Di atas (elit) silahkan saling sikut, tapi kita sebagai masyarakat bawah jangan ikut-ikutan panas," tutur Meimura usai mentas di Waroeng Joglo Merah Putih.

Menurutnya, pertarungan dalam merebut kekuasaan hanyalah momen sesaat, namun sangat menentukan nasib bangsa Indonesia lima tahun ke depan. Untuk itu Meimura mengajak masyarakat agar tidak terpancing dengan isu-isu yang bisa memecah belah persatuan.

"Pilihan boleh beda, tapi kerukunan dan gotong royong jangan sampai pudar," ucapnya.

Ia bilang, satu-satunya kekuatan bangsa ini adalah rakyat. Jika rakyat sudah terpecah belah hanya karena fanatik terhadap idolanya, maka akan sangat rugi besar.

Pesan kekuatan rakyat yang itupun digambarkan oleh Meimura lewat sapu lidi. "Coba kembali pada ajaran lama guru kita. Bagaimana lidi yang mudah patah ini ketika disatukan maka menjadi kekuatan yang tidak terggoyahkan," tegasnya.

Selain itu, pendiri Teater Ragil ini juga mengajak seluruh lapisan mayarakat agar terus berdoa supaya Indonesia yang gemah ripah loh jinawi ini tetap aman, tentram dan sejahtera.

"Yang bisa kita lakukan adalah menolak balak dengan berdoa," tutur Meimura.

Di setiap kesempatan, lakon Besut dan Rusmini sendiri kerap dimainkan oleh Meimura. Kata dia, pemilihan lakon ini sebagai pengingat bahwa tokoh Besut merupakan tokoh utama dalam kesenian lerok yang kemudian berkembang menjadi besutan, cikal bakal kesenian ludruk.

Sedangkan Waroeng Joglo Merah Putih merupakan resto Keluarga yang menyajikan makanan tradisional, ndeso dan kas Jawa Timuran Serta berbagai anka kopi, wedangan dan minuman tradisional. Cocok untuk tempat Arisan, Reuni, Akad Nikah, serta pernikahan. 

Kuliner Surabaya di Jl. Ir. Soekarno atau MERR Gunung Anyar ini juga menyajikan penampilan musik tradisional keroncong, serta tempat nyaman untuk beriantai bersama keluarga, sahabat, teman, dan anak saudara. Juga menyajikan edukasi buat anak-anak serta keluarga Indonesia dalam mengenal berbagai makanan, minuman serta rumah lama Jawa yang tersaji dalam citarasa Nusantara.


 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut