get app
inews
Aa Read Next : Bertemu Dubes Inggris, Gubernur Khofifah Bahas Proyek Kereta Api di Surabaya

Gugatan Masa Jabatan Dikabulkan MK, Ini Kata-Kata Gubernur Khofifah yang menyentuh

Sabtu, 23 Desember 2023 | 11:27 WIB
header img
Gubernur Khofifah bersama Wakil Gubernur Emil Dardak. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, dipastikan selesai atau habis seusai masa jabatannya pada 13 Februari 2024. Ini setelah  Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan gugatan tujuh kepala daerah terkait akhir masa jabatan mereka.

Kepala daerah tersebut diantaranya, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Gubernur Maluku Murad Ismail, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wakil Wali Kota Bogor Didie A. Rachim, Wali Kota Gorontalo Marten A. Taha, Wali Kota Padang Hendri Septa dan Wali Kota Tarakan Khairul. "Ya (jabatan gubernur dan wakil gubernur) sampai 13 Februari 2024, tadi pagi Pak Sekjen Kemendagri telepon saya begitu," kata Khofifah usai melantik 4 pejabat Eselon II di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jumat (22/12/2023).

Ketua Umum PP Muslimat NU itupun angkat bicara perihal gugatan yang dilayangkan juga oleh Emil Dardak tersebut. Khofifah menyebut Gubernur Maluku dan sejumlah kepala daerah yang lain mengajak Jatim untuk melayangkan gugatan ke MK terkait akhir masa jabatan. "Mereka mengajak Jawa Timur. Lalu saya bilang, 'ah Mas Emil saja lah (yang menggugat)' itu yang saya bilang. Masa jabatan memang tidka boleh dikurangi biar satu hari pun aturannya begitu," tegasnya.

Sebelumnya, jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa - Emil Elestianto Dardak akan berakhir pada 31 Desember 2023. Kepastian tersebut disampaikan dalam sidang paripurna tentang Pengumuman usulan Pemberhentian Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim periode 2019-2024 di Gedung DPRD Jatim, Surabaya, Senin (6/11/2023).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut