get app
inews
Aa Read Next : Pocari Sweat, Garuda dan Kementerian Pariwisata RI Bergandeng Tangan Serukan Hidup Sehat

Segini Besaran Gaji Pilot Indonesia

Selasa, 02 Januari 2024 | 12:49 WIB
header img
Sejumlah Pilot Garuda Indonesia mengikuti Farewell pesawat Boeing 747-400, di Hanggar 4, GMF AeroAsia, Cengkareng beberapa tahun lalu. Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pilot adalah istilah yang merujuk kepada orang yang mengemudikan atau mengoperasikan pesawat terbang, baik itu pesawat komersial, pesawat militer, atau pesawat pribadi. Tugas seorang pilot melibatkan navigasi, mengendalikan pesawat selama penerbangan, dan memastikan keselamatan penumpang atau muatan.

Pilot juga bisa memiliki spesialisasi, seperti pilot maskapai, pilot penerbangan umum, atau pilot militer. Mereka harus menjalani pelatihan khusus dan memperoleh lisensi penerbangan sesuai dengan jenis pesawat yang mereka operasikan.

Pelatihan pilot melibatkan teori penerbangan, praktek penerbangan di simulator, dan penerbangan aktual dengan instruktur. Setelah menyelesaikan pelatihan dan memenuhi persyaratan tertentu, seseorang dapat memperoleh lisensi penerbangan yang diperlukan untuk bekerja sebagai pilot.

Lantas berapa besaran gaji Pilot Indonesia?

Gaji seorang pilot dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jenis pesawat yang mereka terbangkan, pengalaman mereka, jenis lisensi penerbangan yang dimiliki, dan perusahaan tempat mereka bekerja. Dikutip dari Okezone, Minggu (31/12/2023), gaji pilot bisa mencapai angka Rp70 juta. Namun, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi.

Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi gaji pilot:

1. Jenis Pesawat
Pilot yang terbang dengan pesawat besar seperti pesawat komersial biasanya mendapatkan gaji yang lebih tinggi daripada pilot yang terbang dengan pesawat kecil atau pribadi.

2. Pengalaman
Pilot dengan pengalaman lebih lama cenderung mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Pengalaman ini dapat melibatkan jumlah jam terbang atau tahun pengalaman dalam industri penerbangan.

3. Lisensi dan Sertifikasi
Pilot dengan lisensi dan sertifikasi yang lebih tinggi, seperti ATP (Airline Transport Pilot) atau jenis lisensi lain yang diperlukan, dapat mengharapkan gaji yang lebih tinggi.

4. Perusahaan Penerbangan
Gaji pilot juga dapat bervariasi berdasarkan perusahaan penerbangan tempat mereka bekerja. Maskapai besar biasanya menawarkan paket gaji yang lebih besar daripada maskapai regional atau perusahaan penerbangan umum.

5. Lokasi Geografis
Gaji pilot dapat dipengaruhi oleh lokasi geografis tempat mereka bekerja. Misalnya, pilot yang bekerja di negara atau kota dengan biaya hidup tinggi mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

Secara umum, pilot dapat menghasilkan gaji yang signifikan, terutama setelah memperoleh pengalaman dan memenuhi persyaratan tertentu. Namun, penting untuk diingat bahwa gaji pilot dapat bervariasi dan tergantung pada banyak faktor.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut