get app
inews
Aa Read Next : Wanita Cantik Ini Rebahan Santai di Bagasi Kabin Pesawat Bikin Penumpang Heran, Gimana Masuknya?

Nasib Satpol PP Garut Deklarasi Dukung Gibran

Kamis, 04 Januari 2024 | 09:18 WIB
header img
Video Satpol PP Garut menyatakan dukungan pada Gibran Rakabuming Raka. Foto/Tangkapan Layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Aksi sejumlah oknum petugas satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kabupaten Garut yang menyatakan dukungannya kepada Gibran Rakabuming Raka Calon Wakil Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan viral di media sosial menuai kecaman publik, termasuk kesatuan.

Pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) melakukan sidang kode etik, pada Selasa (2/1/2024) malam. Dan hasil dari sidang kode etik, oknum Satpol PP yang ada dalam video itu diberikan sanksi.

"Kami malam tadi melakukan sidang kode etik, karena oknum ini bukan ASN melainkan tenaga kontrak, Kita lakukan sidang internal disini. Pelaku utamanya yakni CI Kita skorsing selama 3 bulan tanpa ada tunjangan, terus yang lainnya di skorsing 1 bulan sama tanpa ada tunjangan," tegas Kasatpol PP Garut Basuki Eko seperti dikutip dari iNewsGarut.

Eko mengungkapkan, selama skorsing itu mendapatkan pemantauan dari petugas PTI. "Apabila selama masa skorsing itu melakukan hal yang sama langsung dilakukan pemutusan kontrak," ungkapnya.

Basuki Eko selaku pimpinan menyampaikan permohonan maaf atas kejadian tersebut. Dirinya merasa prihatin begitu melihat video tersebut.

"Terus terang setelah melihat video itu bercampur emosi, marah, lemas, dan segala macam," ucapnya.

Eko menegaskan bahwa pelaku yang ada dalam video itu bukan pegawai negeri, mereka semuanya adalah tenaga kontrak.

"Yang ada dalam video itu adalah salah satu regu dari pleton yang bertugas di wilayah pengkolan Garut. Dan ini murni bukan menggambarkan seluruh Pol PP Garut, tapi ini ada salah satu oknum dari salah satu regu yang bertugas," tegasnya.

Diketahui sebelumnya, beredar video yang berdurasi sekitar 20 detik memperlihatkan para petugas Satpol PP Garut yang menamakan diri forum komunikasi bantuan polisi pamong praja Kabupaten Garut menyatakan dukungannya kepada Gibran sebagai pemimpin muda Indonesia.

"Kami dari forum komunikasi bantuan polisi pamong praja Kabupaten Garut menyatakan Indonesia membutuhkan pemimpin muda di masyarakat Mas Gibran Rakabuming Raka," sontak para petugas Satpol PP Garut sambil memperlihatkan poster Gibran.

Viralnya video oknum Satpol PP deklarasi dukung Gibran itu membuat gaduh situasi politik di Garut. Sehingga banyak kalangan yang menilai agar dilakukan pengawasan yang efektif agar hal serupa tidak terjadi kembali disaat penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 yang saat ini masih dalam tahap Kampanye.
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut