get app
inews
Aa Read Next : Produksi SMK Wijaya Putra dapat Pujian, Jadi Acuan Sekolah yang Ingin Konversi Motor Listrik

Motor Listrik ITS Siap Bersaing di Pasar Otomotif Nasional

Selasa, 23 Januari 2024 | 15:33 WIB
header img
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng (kanan) saat melakukan uji coba motor listrik EVITS TS-1 bersama Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT (kiri). Foto/ITS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terus mengembangkan inovasi motor listrik. Bahkan produk motor listrik yang dikeluarkan oleh ITS digadang-gadang siap bersaing di pasar otomotif nasional.

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan, salah satu motor listrik ITS yang siap bersaing yakni sepeda motor listrik Electric Vehicle ITS (EVITS) atau EVITS TS-1 yang diluncurkan pada Senin (22/1/2023). 

EVITS TS-1 didesain ergonomis dengan kemampuan akselerasi yang baik. Produk ini adalah hasil kolaborasi ITS melalui PT ITS Tekno Sains dengan PT Panggung Electric Citrabuana. 

Ashari menjelaskan, EVITS TS-1 dapat menempuh jarak hingga 110 kilometer dengan kecepatan maksimal 55 kilometer per jam. 

Lebih lanjut, Guru Besar Teknik Elektro ITS tersebut menjelaskan bahwa motor ini dilengkapi dengan dua baterai lithium berkapasitas 60 Volt 26 Ah. 

“Kalau akselerasinya sendiri, untuk menempuh jarak 55 kilometer, akselerasinya membutuhkan tujuh sampai delapan detik,” paparnya.


Rektor ITS Prof Dr Ir Mochammad Ashari MEng, Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD, Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT memamerkan motor listrik EVITS TS-1. Foto/ITS

 

Sebagai kelanjutan inovasi dari GESITS yang merupakan motor listrik generasi pertama ITS, Direktur PT ITS Tekno Sains Dr Ir I Ketut Gunarta MT menyampaikan bahwa EVITS ini telah berkembang dari berbagai lini. Menurut lelaki yang kerap disapa Gunarta ini, sistem integrasi yang menjadi otak dari EVITS TS-1 juga lebih canggih. 

“Integrasi dari controller ke motor serta sistem manajemen baterainya jauh lebih baik,” ucapnya.

Gunarta bilang, EVITS TS-1 memiliki tampilan yang lebih gagah dan sporty. Dengan desain body yang lebih menarik, menurutnya, EVITS tipe pertama ini memiliki kualitas material yang lebih kokoh. 

Selain itu, motor ini juga menggunakan ban langsung tanpa belt yang tidak menimbulkan suara bising yang mengganggu saat digunakan. 

“Terbukti saat uji coba tadi, EVITS ini nyaman sekali saat dinaiki,” kata dia usai melakukan uji kendara motor EVITS TS-1 ini.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut