get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Kopi Pagi Menuju Pemilu, Dialog Tiga Lembaga untuk Sukseskan Proses Demokrasi

Sabtu, 27 Januari 2024 | 09:18 WIB
header img
Dialog Tiga Lembaga untuk Sukseskan Proses Demokrasi. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, "Coffee Morning" digelar oleh Komisi Informasi (KI) Jatim, Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jatim, dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim. Pertemuan ini menjadi momen penting untuk mensukseskan pemilu 2024.

Lebih dari 204 juta pemilih di seluruh Indonesia, dengan 31.402.838 pemilih di Provinsi Jatim, menandai hajatan demokrasi terbesar bangsa pada 14 Februari mendatang. Komitmen bersama dari tiga lembaga negara tersebut untuk menjamin suksesnya Pemilu 2024 menjadi sorotan utama.

Ketua KI Jatim, Edi Purwanto, menegaskan pentingnya aksesibilitas informasi terkait penyelenggaraan Pemilu. Dari data pemilih hingga hasil perhitungan suara, prinsip efisiensi, mudah, dan murah menjadi fokus untuk memastikan transparansi dan partisipasi masyarakat.

"Masyarakat diundang untuk bersama-sama mengawal implementasi keterbukaan informasi publik, sejalan dengan regulasi yang telah ditetapkan," ungkap Edi Purwanto. 

Dalam dialog yang melibatkan tiga lembaga tersebut, penguatan kelembagaan, kolaborasi optimal, dan peningkatan layanan juga menjadi pembahasan utama. 

Sebagai bagian dari persiapan menyeluruh, keterlibatan masyarakat dalam mengawal proses Pemilu diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk menjaga integritas dan kredibilitas demokrasi di Indonesia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut