get app
inews
Aa Read Next : Selama Lebaran, Jatim Alami 25 Kejadian Bencana Alam

Waspada Cincin Api, Perlu Membangun Kesiapsiagaan Bencana di Provinsi Jawa Timur

Sabtu, 27 Januari 2024 | 10:36 WIB
header img
Diskusi posisi Jawa Timur yang rawan akan bencana. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Indonesia, yang terletak di wilayah Cincin Api, dikenal sebagai salah satu negara rawan bencana alam. Menurut World Risk Report 2022, Provinsi Jawa Timur, sebagai wilayah dengan pertumbuhan penduduk dan ekonomi terbesar di Indonesia, tidak terlepas dari ancaman tersebut.

Dengan luas wilayah mencapai 47.800 km2 dan terdiri dari 29 Kabupaten dan 9 Kota, Jawa Timur menghadapi 14 jenis ancaman bencana, mulai dari letusan gunung berapi, gempa bumi, hingga pandemi Covid-19. Kendati demikian, kesiapsiagaan masyarakat menjadi kunci utama dalam menghadapi potensi bencana yang bisa terjadi kapan saja.

Tantangan ini memerlukan langkah konkret dari para pemangku kepentingan, terutama Pemerintah Provinsi Jawa Timur, untuk menjadi panutan dalam membangun sikap kesiapsiagaan. Kesadaran, kapasitas, dan pengalaman lapangan perlu ditanamkan pada tingkat pemangku kepentingan tersebut agar dapat diimplementasikan secara efektif di level yang lebih rendah.

Dalam menghadapi risiko yang beragam, perlu ditingkatkan koordinasi antarlembaga, penyelenggara pelatihan kesiapsiagaan, dan masyarakat secara keseluruhan. Hanya dengan upaya bersama, Provinsi Jawa Timur dapat meminimalkan dampak bencana alam serta membangun ketangguhan masyarakat yang tanggap dan siap menghadapi setiap tantangan.

"Keadaan darurat dan bencana merupakan dua hal yang tidak terpisahkan, karena adanya bencana memiliki dampak signifikan terhadap masyarakat, operasional bisnis, dan ekonomi secara keseluruhan. Diperlukan Emergency Response Plan (ERP), yaitu rencana kesiapsiagaan yang dirancang untuk mengatasi dan merespons bencana atau situasi darurat dalam unit atau tempat kerja” terang Edi Priyanto wakil ketua Dewan K3 Provinsi Jawa Timur yang disampaikan dalam kegiatan diskusi panel Disaster Leadership Academy (DiLA).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur pada tanggal 26 – 27 Januari 2024 di Kota Batu Malang melibatkan sedikitnya 70 peserta yang berasal dari para pejabat pimpinan tinggi pratama eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

“ERP menjadi penting karena akan menjaga keselamatan dan keamanan pekerja, aset institusi atau perusahaan, dan melanjutkan operasional bisnis saat terjadi bencana atau kejadian darurat. Sehingga sangat penting dilakukan identifikasi atas potensi bencana seperti kebakaran, gempa bumi, banjir, kecelakaan industri, atau ancaman keamanan. Selanjutnya dilakukan penilaian atas dampak potensial bencana terhadap karyawan, properti, serta kelangsungan bisnis dan pemerintahan” rinci Edi.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut