SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mitra Bukalapak, platform online-to-offline (O2O) milik Bukalapak, menyelenggarakan Mitra Mentorship Program Batch 2 sebagai bentuk keberlanjutan program pendampingan mitra yang sebelumnya sukses diselenggarakan di Jawa Timur.
Program ini diadakan secara daring, melibatkan 40 Mitra dari berbagai kota di Indonesia pada 22 Januari - 4 Februari 2024 lalu.
Melanjutkan misi pemberdayaan “Dari Mitra untuk Mitra,” program Mitra Mentorship menghadirkan edukasi yang dilakukan secara kolaboratif antar pemilik warung, di mana Mitra yang terpilih sebagai mentor membagikan materi terkait bisnis warung kepada puluhan Mitra sebagai mentee.
Liya Wahyuningsih, Mitra asal Malang yang menjadi mentee terbaik dalam batch sebelumnya, kini berkesempatan menjadi mentor dan berbagi pengalaman kepada rekan-rekan pemilik warung lainnya.
AVP Brand Marketing Mitra, Gitaditya Witono, mengatakan Mitra Bukalapak berkomitmen menciptakan rantai perubahan di sektor industri mikro lewat pertumbuhan warung-warung yang semakin berdaya saing.
"Untuk menyebarluaskan dampak positif ini, kami mendorong pemilik warung yang telah mengikuti program sebelumnya, agar menjadi mentor bagi sesama pemilik warung. Tugas yang diemban bukan sekadar transfer ilmu, melainkan juga menumbuhkan mentor-mentor baru, sehingga semangat mentransformasi warung bisa dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan,” jelasnya.
Ada 6 modul di Mitra Mentorship Program Batch 2 ini, antara lain terkait komunikasi pelanggan, menjual produk lebih banyak dan beragam atau crossselling, strategi berjualan produk virtual dan keuangan, serta pemasaran digital untuk memikat pelanggan.
Setiap modul dibagikan secara daring dalam satu sesi khusus. Di akhir sesi, seluruh peserta diajak untuk saling berbagi pengalaman terkait materi yang dibagikan sehingga mereka dapat saling belajar dari tantangan dan pengalaman yang dihadapi sehari-hari untuk dapat mentransformasi warungnya bersaing dengan ritel modern.
Selain sesi edukasi, mentee juga diajak untuk mengikuti kompetisi dengan misi khusus. Mereka diharapkan dapat meraih pencapaian baru bagi warung, baik secara fisik maupun non-fisik.
Hasilnya, Aliyanti dari Karawang, ditetapkan sebagai mentee terbaik karena telah berhasil mewujudkan warung menarik bagi pelanggan lewat kebersihan, kerapian, dan penggunaan banner sebagai media promosi. Di akhir program, baik mentor dan mentee terbaik menerima hadiah apresiasi dari Tim Mitra Bukalapak.
Editor : Ali Masduki