get app
inews
Aa Read Next : Jalan Utama Surabaya Macet, Konvoi Peringatan Hari Buruh May Day

Rektor-Rektor Perguruan Tinggi Swasta Bergerak Selamatkan Bangsa, Berikut Isi Pernyataannya Lengkap

Selasa, 06 Februari 2024 | 21:01 WIB
header img
Sebanyak 214 Rekto Perguruan Tinggi Swasta Bergerak Selamatkan Bangsa. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Gejolak politik menjelang Pemilihan Umum 2024 semakin memanas, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya memimpin kampus-kampus untuk memperjuangkan demokrasi. Dalam pertemuan yang digelar di Gedung R. Ing Soekonjono, Pertinasia, wadah 214 perguruan tinggi swasta di Indonesia, bersatu untuk menghadapi tantangan yang mengancam fondasi Pancasila.

Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA. dari Untag Surabaya sebagai pemimpin 13 perwakilan perguruan tinggi mengungkapkan keprihatinan mereka terhadap kondisi politik dan sosial yang mengkhawatirkan. Mereka menyuarakan kekhawatiran akan terjadinya degradasi nilai-nilai demokrasi dan kehidupan berbangsa, serta penyalahgunaan wewenang yang mengancam kedaulatan negara.

"Deklarasi ini adalah langkah pertama kami dalam memperjuangkan etika keadaban publik yang telah terkikis oleh proses politik yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip konstitusi," ujar Drs. Andang Subaharianto, M.Hum., Rektor Untag Banyuwangi setelah acara di kampus Untag Surabaya.

Pertemuan ini bukan hanya sekadar wacana, tetapi sebuah komitmen bersama untuk menjaga demokrasi dan kedaulatan negara demi kesejahteraan bangsa Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Pertinasia merupakan wadah berkumpul atau berhimpun perguruan tinggi yang sevisi, terutama perguruan tinggi swasta, yang didorong oleh keprihatinan terhadap pengembangan Pancasila di ranah pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, serta keinginan luhur untuk terus-menerus berperan dalam usaha peningkatan kecerdasan bangsa dan pengembangan ilmu pengetahuan atau teknologi bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut