get app
inews
Aa Read Next : Jadi Jawara New Comer Senator Perempuan Nasional, Cantiknya Ning Lia Bikin Baper

1.013 Personel Polda Jatim Amankan Pemilu 2024, Ini Titik Lokasinya

Senin, 12 Februari 2024 | 13:55 WIB
header img
Polda Jatim mengerahkan pasukan untuk mengamankan pemilu. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sebanyak  1.013 personel Polda Jatim yang diperbantukan (BKO) ke Polres jajaran untuk pengamanan Pemilu 2024, telah diberangkatkan. Ribuan personel Polda Jatim itu akan ditempatkan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang membutuhkan penebalan.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs Imam Sugianto, Senin (12/2/2023). Imam mengatakan, dalam operasi kepolisian terpusat yaitu Operasi Mantap Brata Semeru 2023-2024 Polda Jatim telah memetakan wilayah yang dinilai rawan saat Pemilu. Oleh karenanya Polda Jatim melakukan penebalan pengamanan di lokasi - lokasi tersebut. 

"Dari 39 Kabupaten/ Kota  yang ada di Jatim ada beberapa yang kita lakukan penebalan pengamanan karena dinilai rawan," ujar Imam.

Dia mengungkapkan, belajar dari tahun 2019 di Madura ada kotak suara hilang, kemudian bentrokan pendukung yang fanatik antara pendukung Paslon Capres maupun Cawapres sampai berdampak pembakaran Polsek di Sampang.

Khusus di wilayah tersebut, Polda Jatim sudah menyiapkan pasukan standby untuk mengantisipasi kontingensi 3 SSK baik Brimob maupun Samapta setiap saat siap digerakkan. "Ada 137 TPS rawan mayoritas di Madura dan ada pola pengamanan TPS yang sangat rawan 2 TPS diamankan oleh 2 personel  Polisi," jelas Imam.

Selain Madura, penebalan pasukan juga dilakukan untuk wilayah hukum Polresta Banyuwangi dan Blitar Kota. "Mudah mudahan tiga hari kedepan semua terkonsolidasi dengan baik dan pengamanan TPS bekerjasama dengan TNI dan Linmas yang ditugaskan sudah siap tanggal 14 Februari berjalan lancar," harap Imam.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut