get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Terkuak! Skandal Suara Menggila di Pemilu Jatim, Muncul Dugaan Kecurangan Sistemik

Minggu, 18 Februari 2024 | 09:35 WIB
header img
Dugaan Skandal Suara Menggila di Pemilu Jatim. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sebuah temuan mengejutkan mengenai potensi kecurangan sistemik dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengguncang Jawa Timur. Ditemukan bahwa jumlah pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tertentu, seperti TPS 001 di Nglaban, Loceret, Nganjuk, yang tercatat lebih dari 11 ribu pemilih, menimbulkan kecurigaan. 

Yang lebih mengejutkan lagi, temuan serupa juga muncul di ratusan TPS lain di Jawa Timur dengan pola input data yang seragam.

Kasus ini diungkapkan oleh Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Jatim, Diah Agus Muslim, dalam konteks Pemilu DPD RI dapil Jatim, pada sebuah konferensi pers pada Sabtu (17/2/2024) di Kantor MPW PP Jatim.

Tim PP Jatim menyimpulkan bahwa dalam kasus Sirekap ini, terdapat kecenderungan bahwa perolehan suara calon anggota DPD RI, Agus Raharjo, telah digelembungkan secara signifikan. Dalam sebagian besar kasus yang ditemukan, suara yang semula hanya puluhan berubah menjadi ratusan di setiap TPS yang terkena kasus tersebut.

Dampaknya pun terasa signifikan, di mana hasil perolehan suara Agus Raharjo yang tercatat di website Sirekap KPU melesat tinggi, bahkan berhasil mengungguli calon petahana (incumbent). Hingga pukul 12.00 pada Sabtu (17/2/2024), suara mantan Ketua KPK tersebut telah mencapai lebih dari 1,2 juta.

"Saya yakin jika Pak Agus Raharjo mengetahui bahwa angka perolehan suaranya yang tinggi adalah hasil dari penggelembungan di dalam website Sirekap, pasti beliau juga akan protes. Karena saya percaya Pak Agus Raharjo masih memiliki integritas dan tidak akan menikmati hasil dari korupsi suara," ungkap Agus Muslim.

Kesalahan dalam Sirekap, menurut Agus Muslim, secara langsung maupun tidak langsung merugikan Ketua MPW PP Jatim AA LaNyalla Mahmud Mattalitti yang juga berkompetisi sebagai calon anggota DPD RI.

"Makanya kami terpanggil untuk meluruskan hal ini. Bukan semata karena Ketua kami dirugikan, tetapi supaya hasil Pemilu terlegitimasi dan semua calon dalam hal ini DPD RI mendapatkan suara yang benar dan adil," katanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut