get app
inews
Aa Read Next : Berapa Gaji Wartawan di Indonesia, Berikut Ulasannya

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto: Kedepankan Kepentingan Publik

Rabu, 09 Februari 2022 | 14:36 WIB
header img
Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto. (Foto: Pendam V/Brawijaya for iNewsSurabaya.id)

Lanjut Mayjen TNI Nurchahyanto, bahwa ada tiga kriteria yang harus dimiliki media massa atau pers, sehingga dapat dikatakan pers sehat. 

Yang pertama, harus merdeka atau bebas dari intervensi. Kedua, pers sehat haruslah profesional dengan menganut unsur-unsur integritas, pengetahuan yang luas dan nilai-nilai kode etik yang ditaati. 

Dan ketiga,  media massa harus komitmen terhadap sifat alamiah dimana pers merupakan institusi sosial dan kedepankan kepentingan publik.

"Pers yang bertanggung jawab yakni pers diminta untuk menyiarkan seluas-luasnya suatu informasi yang diperolehnya, namun pada saat yang sama ia juga diminta bertanggung jawab atas akibat penyiarannya tersebut," tuturnya.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia masih mengalami krisis pendidikan nasional berkepanjangan. Apalagi masa sekarang yang masih dalam keadaan pandemi Covid-19, di mana peserta didik lebih banyak belajar melalui media online.

Berdasarkan UU nomor 40 pasal 3 ayat 1 tersebut, pers sangat berperan penting dalam dunia pendidikan. Pers harus mampu menyajikan informasi yang dapat meningkatkan kecerdasan bangsa, bukan menyajikan informasi yang malah merusak pola pikir bangsa. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut