get app
inews
Aa Read Next : Fatayat NU Jawa Timur Didorong Terlibat Atasi Masalah Kurang Gizi, Upaya Turunkan Angka Stunting

ITS Bersama UNICEF Latih 2000 LebihGenerasi Muda Jatim Kemampuan Digital

Rabu, 28 Februari 2024 | 18:38 WIB
header img
Siswa SMA Negeri 1 Karas, Magetan Pengembaang Bidang Aplikasi Mobile Terbaik pada acara “Demo Day, Program Digital Skills Unicef untuk Generasi Terampil”, di Surabaya, Rabu (28/2/2023). Foto/Dok ITS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sebanyak 2.000 lebih generasi muda atau remaja di Jawa Timur dilatih oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Unicef dan Dinas Pendidikan Jawa Timur, dalam Program Pelatihan Digital Skills. 

Di tahun 2023, program tersebut telah diikuti oleh 2.042 remaja dari 62 sekolah dari 30 kabupaten, menghasilkan sebanyak 719 buah ide solusi digital, 81 buah aplikasi mobile, aplikasi website 148 buah, 186 konten video layanan masyarakat,335 buah konten poster dan digital marketing, dan 104 solusi produk nondigital dalam bentuk boga, busana, rias kecantikan.

Peserta pelatihan juga telah berhasil membuat akun dan mengunggah produk digitalnya serta siap menerima pesanan, sementara jumlah peserta yang mulai bekerja di bidang digital tercatat sebanyak 1.289 siswa terlatih. 

Tersebar pada bidang promosi melalui media sosial sebanyak 438 siswa, pembuatan poster produk 338 siswa, digital marketing-copywriting 194, penjualan melalui marketplace 185, dan penjualan melalui website 134 siswa.

Demikian diungkapkan Tubagus Arie Rukmantara, Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia Wilayah Jawa dalam acara “Demo Day, Program Digital Skills Unicef untuk Generasi Terampil” yang digelar di Surabaya. 

UNICEF bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan ITS mengadakan Program Pelatihan Digital Skills sebagai bagian dari Program Double Track.

Dari kiri ke kanan masing-masing Direktur Direktorat Kerjasama dan Pengembangan Usaha (DKPU) ITS, Tri Joko Wahyu Adi, ST, MT, PhD., Tubagus Arie Rukmantara, Kepala Perwakilan UNICEF Indonesia Wilayah Jawa; Kabid PPSMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Timur  Suhartatik, SPd, MPsi., dan Perwakilan Dinas Pendidikan Surabaya, Hilda Azela, dalam acara “Demo Day, Program Digital Skills Unicef untuk Generasi Terampil”, di Surabaya, Rabu (28/2)/
 
Program ini bertujuan memberikan akses keterampilan digital bagi remaja, terutama kaum wanita dan disabilitas yang selama ini terpinggirkan. Selain itu bertujuan untuk mempersiapkan siswa SMA dengan keterampilan digital yang diperlukan untuk menghadapi tuntutan dunia kerja yang semakin diwarnai teknologi digital

Kemudian mengembangkan solusi digital berkelanjutan dengan memanfaatkan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, memberikan kesempatan luas memasuki dunia kerja melalui aplikasi dan platform digital, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung.

Selanjutnya meningkatkan keterampilan teknis menggunakan teknologi, membuka potensi penuh individu melalui peningkatan keterampilan teknis, dan menjamin akses peluang yang adil bagi semua orang dari berbagai latar belakang sosial, ekonomi, dan geografis dalam mengikuti perkembangan teknologi dan dunia kerja digital.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut