get app
inews
Aa Read Next : Cara Atasi Anak yang Alami Gerakan Tutup Mulut

Tim P3K TPS Edukasi Dokter Cilik Kuasai Situasi Darurat

Rabu, 28 Februari 2024 | 22:52 WIB
header img
Tim P3K TPS mengajak serta beberapa dokter kecil untuk ikut serta dalam simulasi. Foto/Dok TPS

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Tim Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan PT Terminal Petikemas Surabaya (P3K TPS) memberikan edukasi kepada dokter cilik, cara menguasai situasi darurat. Mereka diberikan trik dan tips dalam melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan.

Edukasi itupun dikemas menarik. Tim P3K TPS menampilkan skenario dengan kondisi korban kecelakaan yang mengalami cedera patah tulang di area lengan dengan luka terbuka, serta korban tidak sadarkan diri dengan pendarahan di kaki. Tim P3K TPS mengajak serta beberapa dokter kecil untuk ikut serta dalam simulasi. 

Dokter kecil yang terlibat dalam simulasi diajarkan tentang cara mengendalikan situasi darurat dan memberikan pertolongan pertama pada korban, hingga proses evakuasi korban untuk dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat guna penanganan lebih lanjut.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk dukungan PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dalam acara Kompetisi Dokter Kecil yang diselenggarakan oleh RS PHC Surabaya.

Kompetisi yang diikuti oleh 25 Sekolah Dasar (SD) di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik ini, melibatkan kurang lebih 250 siswa -siswi kelas 4 sampai dengan kelas 6.

Pembelajaran dengan metode simulasi ini tidak hanya menarik perhatian para finalis lomba dokter kecil, namun juga lebih efektif dan interaktif karena para peserta kompetisi berkesempatan menyaksikan dan bahkan terlibat secara langsung.

Para peserta tampak antusias saat menyaksikan simulasi yang diperagakan oleh tim P3K TPS. Diharapkan, keterlibatan aktif para peserta kompetisi tidak hanya meningkatkan pengetahuan tentang penanganan darurat, tetapi juga membentuk mindset tanggap dan siap tindak. 

Kehadiran tim P3K TPS dalam memperagakan simulasi tersebut tidak saja memberikan pengalaman yang berharga, tetapi juga memupuk kesadaran akan pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam situasi darurat.

“Kegiatan ini lebih dari sekadar simulasi, namun merupakan langkah konkrit untuk memupuk kesadaran masyarakat dari anggota masyarakat sejak usia dini akan pentingnya persiapan menghadapi keadaan darurat, yang sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tangguh,” ujar Erika A. Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut