get app
inews
Aa Read Next : Lapas dan Rutan Terbaik Indonesia Ternyata Ada di Jawa Timur, Mana Saja?

Ribuan Warga Bersuka Ria Pesta KenDuren Terbesar, Pengunjung dapat Gratis, 2.024 Duren Ludes!

Minggu, 03 Maret 2024 | 18:56 WIB
header img
KenDuren Wonosalam Jombang tahun 2024. Foto iNewsSurabaya/Zainul Arifin

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Suasana meriah memenuhi Lapangan Wonosalam Jombang, Jawa Timur, saat ribuan masyarakat berkumpul untuk merayakan acara KenDuren atau Kenduri Durian 2.024. Dalam acara yang dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat ini, tak hanya penduduk lokal dari Jombang yang hadir, tetapi juga orang-orang dari Kediri, Mojokerto, Lamongan, hingga Nganjuk ikut memeriahkan acara.

"Saya tak pernah lewatkan KenDuren setiap tahun. Selalu seru dan dapat durian gratis," kata Ferdian, salah satu pengunjung dari Kediri, dengan senyum cerah di wajahnya.

KenDuren Wonosalam merupakan ungkapan syukur dan kebahagiaan warga lereng Gunung Anjasmoro atas hasil panen durian yang melimpah. Acara tahunan ini selalu menjadi magnet bagi ribuan wisatawan. 

Tahun ini, sebanyak 2.024 durian dibagikan secara gratis kepada masyarakat. Durian-durian tersebut disusun indah dalam bentuk gunungan yang menjadi pusat perhatian di tengah lapangan.

Acara dimulai dengan penampilan seni lokal dan prosesi arak-arakan tumpeng hasil bumi dari 9 desa menuju Lapangan Wonosalam. Begitu tiba di lapangan, tumpeng-tumpeng tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat yang hadir.

Penjabat (Pj) Bupati Jombang, Sugiat, turut serta dalam pembagian durian, membagikan buah-buah tersebut langsung dari gunungan. Meskipun harus berdesakan di lapangan yang licin karena hujan, antusiasme warga tak berkurang sedikit pun. Dalam sekejap, ribuan durian habis terbagi di antara mereka.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut