get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Mendorong Perubahan Nyata, Universitas Wijaya Putra Jadikan Sociopreneur Atasi Tantangan Sosial

Senin, 04 Maret 2024 | 10:53 WIB
header img
Universitas Wijaya Putra Jadikan Sociopreneur Atasi Tantangan Sosial ditengah masyarakat. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Indonesia, dengan segala potensinya terus berjuang untuk menanggulangi kemiskinan dan kesenjangan sosial. Maret 2023 persentase penduduk miskin mencapai 9,36 persen, melampaui negara tetangga seperti Vietnam, Malaysia, dan Thailand, namun semangat untuk perubahan tidak surut.

Kemiskinan yang masih menggelayuti sebagian masyarakat menjadi pemicu utama terjadinya kesenjangan sosial yang nyata. Tingginya disparitas pendapatan antara kelompok ekonomi atas dan bawah masih menjadi kenyataan, sementara lapangan kerja yang terbatas semakin mengakibatkan angka pengangguran meroket.

Namun, ada sinar harapan di tengah kegelapan. Melalui dorongan untuk mengembangkan sociopreneurship, masyarakat, khususnya generasi muda, diberdayakan untuk menjadi agen perubahan. 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Wijaya Putra memegang teguh misi ini dengan menggelar Sociopreneur Day, sebuah langkah berani sejalan dengan visi Universitas Wijaya Putra sebagai Perguruan Tinggi Kewirausahaan.

Sociopreneur Day yang diadakan dalam rangkaian perayaan Dies Natalis UWP ke-43, adalah wadah bagi para sociopreneur untuk berbagi pengalaman, ide, dan kisah sukses mereka dalam menciptakan dampak positif dalam masyarakat. 

"Acara ini juga menyajikan beragam kegiatan seperti talk show, pameran, dan diskusi untuk mengangkat isu-isu kewirausahaan sosial yang berkelanjutan," kata Dekan FISIP UWP, Dr. Sri Juni Woro Astuti, M.Com.

Ia menegaskan bahwa Sociopreneur Day akan menjadi ajang tahunan yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah, sebagai penghargaan bagi para pelaku sociopreneur yang berperan penting dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs).

Para sociopreneur tidak hanya menciptakan bisnis, tetapi juga menggerakkan komunitas dalam skala besar dengan fokus pada solusi bagi masalah sosial dan lingkungan. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut