get app
inews
Aa Read Next : Dini Hari, Polsek Peterongan Gagalkan Rencana Remaja Bikin Onar di Jombang, Ini yang Dilakukan

Sambut Ramadan 1445 Hijriah, Peziarah Makam Gus Dur Membludak, Capai 11 Ribu Orang Setiap Hari

Minggu, 10 Maret 2024 | 15:25 WIB
header img
Peziarah Makam Gus Dur Membludak, Capai 11 Ribu Orang Setiap Hari. Foto iNewsSurabaya/Zainul arifin

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Antusiasme warga dalam menyambut Ramadan 1445 Hijriah di Jombang, Jawa Timur, mencapai puncaknya. Jumlah peziarah yang mengunjungi makam Presiden RI ke-4, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, di kompleks pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng.

Tidak seperti biasanya, dalam dua pekan terakhir, ribuan peziarah memadati tempat wisata religi ini. Menurut Mundir Pondok Pesantren Tebuireng, jumlah peziarah meningkat secara signifikan, mencapai 11.000 orang per hari menjelang Ramadan, dibandingkan dengan 6.000 orang per hari pada hari biasa.

"Antusiasme masyarakat begitu tinggi, dengan peziarah yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk dari luar pulau Jawa," kata H Lukman Hakim, juru bicara Pondok Pesantren Tebuireng.

Tradisi ziarah menjelang Ramadan bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga ekspresi kecintaan umat Islam terhadap tokoh nasional seperti Gus Dur. Mutmainnah, seorang peziarah, menjelaskan bahwa ziarah ke makam Gus Dur menjadi bagian penting dari tradisi keluarganya, seiring dengan kunjungan ke makam ulama lainnya untuk memohon kelancaran puasa Ramadan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut