get app
inews
Aa Read Next : Publik Pertanyakan Komitmen Pengesahan RUU Perampasan Aset, Ada Apa?

Drama Pemilu, Kisah Pengacara Terkenal dan Mantan Sekda Jombang Gagal Lolos ke Senayan

Selasa, 19 Maret 2024 | 04:53 WIB
header img
Mantan Sekda Jombang, Ita Triwibawati gagal melangkah menuju Senayan sebagai anggota DPR RI dapil Jawa Timur VIII. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Pengacara terkenal Achmad Rifai dan mantan Sekda Jombang, Ita Triwibawati gagal melangkah menuju Senayan sebagai anggota DPR RI dapil Jawa Timur VIII. Meski berlaga dengan tekad kuat, kedua figur tersebut harus mengakui keunggulan lawan-lawannya.

Achmad Rifai, yang pernah menangani kasus-kasus penting termasuk pimpinan KPK, maju dari Partai Demokrat. Namun, perolehan suaranya masih di bawah caleg lain dari partainya sendiri. Begitu pula dengan Ita Triwibawati, yang wakil dari Nasdem, harus mengakui keunggulan pesaingnya.

Meski demikian, Pemilu 2024 memberikan hasil menarik di dapil Jatim VIII, di mana PKB memimpin dengan suara tertinggi dan berhasil meraih dua kursi. Namun, drama kompetisi politik masih berlanjut hingga penetapan resmi nanti.

Dengan nama-nama seperti Rusdi Kirana (PKB) dan Meitri Citra Wardani (PKS) yang berhasil melaju ke Senayan, pemilu ini menjadi sorotan atas dinamika politik yang menarik untuk diikuti. Penetapan resmi hasil pemilu dijadwalkan pada 20 Maret 2024 mendatang, menambah ketegangan dalam gelaran politik ini.

Data di situs KPU (Komisi Pemilihan Umum), Partai demokrat dan NasDem mendapatkan jatah satu kursi atas jumlah suara yang mereka dapatkan. Demokrat mendapatkan 183.272 suara dan Nasdem meraih 326.578 suara

Rifai mengumpulkan 14.446 suara. Sayangnya hasil perolehan suara pengacara ternama ini masih di bawah caleg sesama Demokrat, Guntur Sasono. Caleg petahana itu berhasil mengantongi 53.730 suara. Dengan demikian, Guntur yang akan maju untuk mewakili Demokrat di Senayan.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut