get app
inews
Aa Read Next : All New Citroën C3 Aircross Luncurkan SUV 7-Seater Terbaru, Solusi Cerdas untuk Keluarga Indonesia

Bank Indonesia Siap Layani Penukaran Uang Jelang Lebaran Senilai Rp12 Miliar, Ini Lokasinya

Sabtu, 30 Maret 2024 | 19:58 WIB
header img
Bank Indonesia melayani Penukaran uang untuk kebutuhan lebaran. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sejak kegiatan Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 resmi dilakukan kick off pada tanggal 19 Maret 2024 lalu, Bank Indonesia (BI) Jawa Timur (Jatim) telah melaksanakan beberapa kegiatan layanan kas penukaran kepada masyarakat seperti kas keliling di Gedung De Javasche Bank dan Wisata Religi Sunan Ampel. 

Kini sebagai puncak layanan kas tersebut, BI Jatim menyelenggarakan acara “Rupiah Vaganza) di Convention Hall, Grand City Surabaya pada Sabtu (30/3/2024). Dalam acara tersebut, BI Jatim telah menyiapkan Uang Layak Edar (ULE) sebesar Rp12 miliar.

Dalam kegiatan ini, BI Jatim menggandeng 14 bank untuk pelaksanaan penukaran uang secara Walk Through. Loket penukaran dibuka dari mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB kepada 3.000 orang penukar yang telah memesan terlebih dahulu H-2 melalui website. 

Mekanisme penukaran juga dapat dilakukan menggunakan non tunai/QRIS yang telah tersedia diseluruh loket penukaran dan juga menggunakan uang logam sebagai bagian dari program peduli koin. Dalam semarak Rupiah Vaganza ini tidak hanya kegiatan layanan penukaran uang dengan format Walk Through saja, tetapi juga ada kegiatan edukasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, Sosialisasi QRIS, dan Perlindungan konsumen. 

Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim, Erwin Gunawan Hutapea mengatakan, kegiatan Ramadan Vaganza, layanan kas penukaran uang kepada masyarakat masih akan berlanjut pada kegiatan BI Peduli Mudik mulai tanggal 2 hingga 4 April 2024. Antara lain di Rest Area, Stasiun dan Bandara. Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur juga bekerja sama dengan perbankan di 500 titik layanan kantor bank umum yang tersebar di 13 kota/kabupaten. 

"Hal ini sebagai bentuk wujud komitmen Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur dalam pemenuhan ketersediaan Uang Rupiah yang berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat," katanya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut