get app
inews
Aa Read Next : Polisi dan Relawan Jombang Lakukan Pelatihan Pertolongan Pertama Korban Lakalantas, Begini Tekniknya

Google Maps Tunjukkan Markas Gerwani Sebelah Kejati Jatim, Polisi Segera Bertindak

Selasa, 15 Februari 2022 | 12:04 WIB
header img
Inilah lokasi yang ditunjukkan dalam google maps sebagai markas Gerwani. Lokasi ini berada di sebelah Kejaksaan Tinggi Jawa Timur

SURABAYA, iNews.id – Markas Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani) masih terpampang jelas di google maps. Petunjuk arah itu menyebutkan, lokasi kantor Gerwani bersebelahan dengan kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur.

Keberadaan markas organisasi terlarang ini masih belum diketahui aparat kepolisian. Mereka mengetahui setelah dilakukan konfirmasi atas google maps yang menyebutkan markas Gerwani berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 46, Gayungan, Kota Surabaya. Hingga saat ini, tulisan markas Gerwani masih terpampang jelas di google maps. “Terima kasih mas informasinya, kita akan tindaklanjuti,” kata Kapolsek Gayungan Kompol Gatot Hariyanto.

Untuk mengetahui secara detail kondisi lokasi google maps, penelusuran ke rute sesuai yang terdata dilakukan. Dan memang benar, lokasi Markas Gerwani gerakan yang didirikan Partai Komunis Indonesia (PKI) berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 46, Gayungan, Kota Surabaya, sebelah Kejaksaan Tinggi (kejati) Jawa Timur.

Lokasi yang dianggap sebagai markas Gerwani ini ternyata bangunan yang dipergunakan untuk bisnis, ada foto copy hingga pembuatan stempel. "Tidak ada mas, Markas Gerwani disini. Mungkin itu ada yang tidak suka sama pihak resto sini, saya sudah lama jualan disini, itu Hoax," kata Budi tukang parkir area lokasi.

Sebagaimana diketahui, Gerwani merupakan organisasi wanita yang aktif di Indonesia pada tahun 1950-an dan 1960-an. Karena memiliki hubungan kuat dengan Partai Komunis Indonesia (PKI), Gerwani pun menjadi organisasi yang dilarang keberadaannya oleh negara.

Kemunculan lokasi Markas Gerwani di Surabaya mengejutkan banyak pihak, mereka heran kenapa di Google Maps tersedia rute menuju lokasi Markas Gerwani. Apakah mungkin Gerwani masih berkeliaran!.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut