get app
inews
Aa Read Next : Unusa Raih Peringkat ke-1 PTS Terbaik di Surabaya dan ke-7 PTS di Indonesia Versi Webometric 2024

Viral! Jamaah Shalat Idul Fitri Bubar Lihat Khotbah Ceramah Politik, Ini Respon Ketua MUI Sukolilo

Sabtu, 13 April 2024 | 06:37 WIB
header img
Dr. Moh. Mukhrojin,.MSi ( Ketua Umum MUI Sukolilo) bersma KH. Anwar Iskandar (Ketua Umum MUI Pusat). Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sebuah video viral menggambarkan momen dramatis saat jamaah shalat Idul Fitri memilih untuk bubar ketika khotib mulai menyampaikan khotbah kontroversial tentang kecurangan pemilu. Kejadian ini terjadi di Lapangan Tamanan, Banguntapan, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (10/4/24).

Dalam video tersebut, khotib dengan tegas menyebut nama Presiden Jokowi dalam khotbahnya, menggambarkan kecurangan dalam pemilu sebagai yang terburuk dalam sejarah Indonesia. Meskipun ada reaksi protes dari jamaah, sang khotib terus melanjutkan khotbahnya tanpa menyadari ketidaknyamanan mereka.

Dr. Moh Mukhrojin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Sukolilo, Surabaya, mengecam kejadian tersebut sebagai peringatan serius bagi para dai. 

"Politik tidak boleh dimasukkan ke dalam ibadah, dan bahwa kebenaran dalam politik bersifat relatif," katanya. 

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, Ahmad Shidqi, telah memastikan bahwa khotib tersebut adalah seorang akademisi di salah satu perguruan tinggi. Namun, universitas setempat memberikan klarifikasi bahwa khotib tersebut sudah tidak aktif mengajar.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut