get app
inews
Aa Read Next : Cak Imin dapat Mandat Ciptakan Perdamaian dari Komite Palestina

Elektabilitas Capres 2024, Muhaimin Iskandar Masuk 3 Besar di Jatim

Kamis, 17 Februari 2022 | 09:21 WIB
header img
Elektabilitas Ketum PKB Muhaimin Iskandar merangsek ke posisi 3 besar. (Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) menyampaikan hasil survei terbaru elektabilitas Calon Presiden 2024 di Jawa Timur. Elektabilitas Ketum PKB Muhaimin Iskandar merangsek ke posisi 3 besar. 

"Hasil survei ARCI pada Januari 2022 ini, elektabilitas Prabowo Subianto sebagai Capres di Jatim masih tertinggi disusul Ganjar Pranowo. Yang mengejutkan, elektabilitas Muhaimin Iskandar yang masuk 3 besar Capres 2024 menurut pilihan warga Jatim," kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt saat paparan survei ARCI di Surabaya, Rabu (16/2/2022). 

Baihaki mengungkapkan, tren elektabilitas Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar paling meningkat. Khusus untuk Muhaimin Iskandar, elektabilitasnya meningkat 2 kali lipat dibanding survei ARCI Oktober 2021 lalu. 

"Prabowo kenaikan elektabilitas 1,2 persen menjadi 19,9 persen. Yang naiknya tinggi Muhaimin, dari Oktober lalu 6,9 persen sekarang menjadi 14,9 persen," terangnya. 

Baihaki mengungkapkan, faktor yang menyebabkan elektabilitas Muhaimin Iskandar sebagai Capres 2024 meningkat pesat. Salah satunya safari politik di Jatim. 

"Kita semua tahu, sebulan terakhir ini Muhaimin Iskandar turun ke Jatim, dan mendatangi ponpes-ponpes hingga grass root NU. Ini membuktikan, bahwa safari politik yang dilakukan politisi PKB yang juga keponakan Gus Dur berhasil, dan mendapat simpati dari warga, khususnya warga NU di Jatim," ungkapnya. 

"Sementara Prabowo meski tidak pernah ke Jatim ya selama 2022 ini, tapi eksistensi Gerindra juga turut berdampak. Mangkannya elekbiltasnya masih stabil dan sedikit meningkat," lanjutnya.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut