get app
inews
Aa Read Next : Pengalaman Seru di Tes UTBK UNESA, 1.980 Peserta Bersaing di Rumah Para Juara

9 Peserta Disabilitas Berprestasi Ikuti Tes UTBK di UNESA Surabaya, Ada Pendamping Khusus!

Kamis, 02 Mei 2024 | 20:00 WIB
header img
Unesa melakukan pendampingan terhadap anak disabilitas yang ikut tes UTBK. Foto iNewsSurabaya/hendro

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Suasana yang penuh semangat dan optimisme terlihat pada sembilan peserta disabilitas di Unesa Surabaya. Mereka semangat mengikuti tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sesi tiga di Training Center, lantai 4 Gedung Rektorat, Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya pada Kamis, 2 Mei 2024.

"Sesi disabilitas ini diikuti oleh 2 peserta tunanetra dan 7 peserta tunadaksa. Tes ini kami fokuskan di Gedung Rektorat untuk memberikan kemudahan kepada peserta. Di Surabaya, sesi disabilitas hanya tersedia di UNESA," ucap Prof. Dr. Madlazim, M.Si., Wakil Rektor 1 UNESA, menegaskan komitmen universitas dalam mendukung inklusi dan kesetaraan dalam pendidikan tinggi.

Guru besar FMIPA yang memimpin bidang akademik, kemahasiswaan, dan alumni itu menambahkan, tes UTBK sesi khusus disabilitas ini merupakan komitmen untuk memberikan akses dan kesempatan untuk menempuh pendidikan tinggi kepada semua, disabilitas maupun yang non-disabilitas. 

"Jadi tidak ada diskriminasi, semua kami berikan kesempatan dan siapkan fasilitas ramah disabilitas. Selain disiapkan pengawas dan pendamping dari unsur dosen dan mahasiswa PLB juga dari SMCC untuk masing-masing peserta, juga disiapkan alat-alat khusus," bebernya. 

Kasubdit Infrastruktur dan Teknologi Informatika, dan Pusat Data, I Gusti Lanang Putra Eka Prismana, S.Kom., M.Kom., menambahkan, dari aspek persiapan untuk sesi disabilitas hampir sama dengan tahun sebelumnya. 

Dari sisi aplikasi, disiapkan teknologi NVDA (Non-Visual Desktop Access) untuk membantu peserta tunanetra dalam membaca dan memahami teks soal. Teks yang ada di layar ditransformasikan menjadi suara. Selain itu, juga ada bantuan reglet dari pusat. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut