get app
inews
Aa Read Next : Rayakan HUT Kopaska ke-62, 14 Anggota Satpol PP Surabaya Ikut Lomba Renang Sebrangi Selatan Madura

Prajurit Wanita Pasukan Elit Kopaska Satu-satunya, Kemampuannya Diatas Rata-Rata

Jum'at, 18 Februari 2022 | 08:56 WIB
header img
Sertu Poppy Tri Anggraini ketika aksi terjun payung. (Foto: Ali Masduki)

SURABAYA, iNews.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki bebagai pasukan khusus, salah satunya adalah Komando Pasukan Katak (Kopaska). 

Kopaska adalah pasukan khusus milik TNI Angkatan Laut yang berkedudukan langsung dibawah Komando Armada (Koarmada) dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL). 

Kopaska secara resmi didirikan pada tanggal 31 Maret 1962 oleh Presiden Soekarno untuk membantu dalam masalah Irian Jaya. Julukannya adalah Pasukan Dari Neraka dengan maskot katak hijau terbang. 

Kopaska biasa memgemban tugas untuk operasi rahasia seperti Operasi Amfibi, Operasi Khusus dan dukungan-dukungan lain guna memperlancar operasi-operasi TNI Angkatan Laut. 

Tugas utama dari pasukan ini adalah peledakan/ demosili bawah air termasuk sabotase/ penyerangan rahasia ke kapal lawan dan sabotase pangkalan musuh, torpedo berjiwa (kamikaze), penghancuran instalasi bawah air, penginataian, mempersiapkan pantai pendaratan untuk operasi amfibi yang lebih besar serta antiteror di laut/ maritim counter terorism. 

Kopaska memiliki semboyan Tan Hana Wighna Tan Sirna, artinya tidak ada rintangan yang tidak dapat diatasi. Saat ini Kopaska menjadi pasukan misterius yang merahasiakan jumlah anggotanya. Standar latihan Kopaska adalah termasuk yang melebihi batas manusia normal.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut