get app
inews
Aa Read Next : Holy Ichda Wahyuni Anak Nelayan yang Sukses Jadi Dosen di UM Surabaya

Tawuran Pelajar Marak, Dosen UM Surabaya Ingatkan Soal Ruang Publik untuk Gen-Z

Minggu, 19 Mei 2024 | 08:59 WIB
header img
Radius Setiyawan, pengkaji budaya popular UM Surabaya. Foto/Dok UM Surabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Media sosial kerap dihebohkan dengan kabar tawuran pelajar di beberapa kota. Di Jogja sekelompok siswa terekam kamera mendatangi sebuah sekolah dengan melakukan penyerangan dan membawa sejumlah perlengkapan yang diayunkan. 

Sementara itu, di Cirebon sejumah pelajar dari dua SMK terlibat aksi tawuran saat sedang melakukan konvoi dalam rangka merayakan kelulusan sekolah. Dalam kejadian tersebut satu pelajar mengalami luka bacok. 

Merespon hal tersebut, Radius Setiyawan pengkaji budaya popular UM Surabaya angkat bicara.

Menurutnya kasus tawuran yang kerap terjadi merupakan sesuatu hal yang kompleks dan faktornya tidak tunggal. 

“Salah satu yang menjadi perhatian saya adalah  soal ruang-ruang publik untuk aktualisasi anak muda yang minim, ketika ruang terbatas, maka energinya akan digunakan untuk berbuat yang tidak produktif seperti tawuran. Maka salah satu cara menekan angka tawuran di kalangan anak muda adalah penyediaan ruang publik yang cukup oleh pemerintah. Berbicara soal ruang tentunya bukan hanya soal ruang fisik tetapi juga terkait ruang sosial,” ujar Radius.

Menurutnya kondisi ruang publik yang tersedia untuk anak-anak remaja atau gen-Z yang berada di kelas bawah sangat sedikit tersedia. Mereka yang banyak temuan terlibat aktifitas gangster atau kriminal seperti tawuran tidak banyak memiliki pilihan untuk dapat menggunakan ruang secara bebas.

Dalam banyak kasus, ruang-ruang aktualisasi untuk remaja urban terus mengalami privatisasi. Dikelola oleh swasta dan dikenakan biaya yang tidak murah. Hal tersebut dibuktikan dengan mulai menjamurnya tempat-tempat olah raga dan co-working space yang berbayar. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut