get app
inews
Aa Read Next : Target Ambisius Partai Gerindra, Ingin Kuasai 24 Daerah dalam Pilkada Serentak di Jatim

Kasus HIV/AIDS Meningkat Drastis di Probolinggo, Ancaman Serius Bagi Warga, Ini Kata Dinkes

Jum'at, 24 Mei 2024 | 10:07 WIB
header img
Kasus HIV/AIDS Meningkat Drastis di Probolinggo. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

PROBOLINGGO, iNewsSurabaya.id - Penyakit HIV/AIDS terus menjadi ancaman bagi masyarakat, penemuan kasus baru meningkat setiap tahun. Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo, Nina Kartika, tingkat penemuan kasus ini tidak bisa diprediksi, tahun 2023 menjadi tahun dengan jumlah temuan tertinggi selama 23 tahun terakhir.

Data menunjukkan tren meningkatnya kasus HIV/AIDS dari tahun 2000 hingga 2023, tahun 2023 mencatat jumlah temuan tertinggi. Meskipun demikian, pada tahun-tahun terakhir, terjadi fluktuasi jumlah kasus baru, seperti pada tahun 2021 dengan 82 kasus baru dan 36 kematian, tahun 2022 dengan 267 kasus baru dan 39 kematian, serta tahun 2023 dengan 305 kasus baru dan 94 kematian.

Nina Kartika menjelaskan bahwa peningkatan jumlah temuan kasus baru ini disebabkan oleh upaya intensif dalam pendeteksian dan skrining di daerah-daerah dengan populasi kunci atau hotspot. 

"Mayoritas penularan terjadi melalui hubungan seksual berisiko, dengan penderita HIV/AIDS memiliki potensi untuk menularkan penyakit jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat," katanya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut