get app
inews
Aa Read Next : Pemprov Jatim Terus Sosialisasikan Beli Elpiji 3 Kg Dengan KTP

Outlook 2025: BUMD Jatim Diminta Tingkatkan Kinerja agar Bisa Topang PAD

Rabu, 12 Juni 2024 | 20:37 WIB
header img
Diskusi BUMD Outlook 2025 yang digelar Pokja Wartawan Indrapura, Rabu (12/6/2024). Foto: iNewsSurabaya/Ihya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemprov Jawa Timur diminta terus meningkatkan kinerjanya. Harapannya, perusahaan pelat merah itu bisa menjadi penopang utama Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mampu menggerakkan perekonomian di Jatim.

Pesan itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad saat membuka diskusi BUMD Outlook 2025 yang digelar Pokja Wartawan Indrapura, Rabu (12/6/2024). 

“Saya berharap agar BUMD memberikan suatu kerja dan tauladan bagi Jawa Timur. Karena kinerja ekonomi Jawa Timur digambarkan melalui kinerja BUMD,” kata Gus Sadad.

Ketua DPD Gerindra Jatim itu mengatakan, selama lima tahun terakhir, kondisi ekonomi di Jatim cukup baik meski dalam beberapa waktu dilanda pandemic Covid 19. 

Dia berharap agar BUMD juga memberikan kontribusi maksimal, agar potensi PAD bisa ditingkatkan lebih besar lagi. “Besar harapan kami ada pihak yang terlibat memberikan catatan betul, BUMD yang kita banggakan banyak kontribusinya,” tuturnya.

Karena itu, Gus Sadad meminta agar Pemprov dan Komisi C DPRD Jatim terus bersinergi untuk memberikan masukan yang produktif, agar kinerja BUMD di Jatim bisa ditingkatkan. Selama ini, dia mencatat, hanya beberapa BUMD saja yang memiliki kontribusi PAD cukup baik bagi Jatim.

“Semua akan efektif jika ditunjang oleh penyenggaraan pemerinatah Jawa Timur yang optimal. Kalau komisi C benar-benar cerewet dan nyambung optimisme dengan Pemprov. Karena kadang kadang kegairahan kita intuk menggerakakkan BUMD itu tidak ada,” katanya.

Anggota komisi C DPRD Jatim Pranaya Yudha Mahardika mengatakan, ada tiga masalah mendasar yang dihadapi BUMD sehingga tidak bisa meningkatkan kinerjanya. 

Selain permodalan dan bisnis plan yang masih belum matang, tata kelola yang kurang baik menjadi hambatan untuk meraup pendapatan yang maksimal.

“Tiga poin kalau kita bicara masalah permodalan selalu disampaikan dan itu betul sebuah persoalan,” kata anggota DPRD Jatim dari dapi Banyuwangi-Bondowoso-Situbondo.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut