get app
inews
Aa Read Next : Tim Pegmas FEB Unair Bagikan Tips Pengelolaan Keuangan pada UMKM Trawas Mojokerto

FEB Unair bersama BRI RO Surabaya Kolaborasi Perkuat Ekosistem Digital Pelaku UMKM

Minggu, 23 Juni 2024 | 13:20 WIB
header img
Launching koperasi digital FEB Unair, Sabtu (22/6). Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki

Rahadi Kristiyono, Regional Micro Banking Head BRI RO Surabaya, menambahkan, kerjasama antara BRI dan FEB Unair ini akan memperkaya ekosistem bisnis di masyarakat. Selama ini BRI sudah punya jaringan yang luas. Tentunya akan lebih tajam lagi kerena adanya kerjasama dengan institusi seperti ini. 

Dengan begitu, kedepan para pelaku UMKM akan lebih fokus untuk mengembangkan bisnisnya dengan dukungan perbankan  yang siap memberikan fasilitas pembiayaan dan berbagai layanan keuangan lainnya. 

“Bila dua sisi itu kita gabungkan tentunya masyarakat dan UMKM akan mendapat manfaat lebih banyak. Kerjasama seperti ini perlu kita lanjutkan diwaktu mendatang sehinga lebih banyak masyarakat dan UMKM yang bisa kita tarik agar lebih sukes. Mereka juga bisa membentuk kluster-kluster seperti kluster makakan dan minuman, kluster telor asin, daging dan lainnya,” kata Rahadi. 

Dia mengaku kerjasama dengan FEB Unair bagian dari pengembangan bisnis yang dilakukan BRI. Selama ini kerjasama dengan Unair sudah dibangun dan berjalan dengan baik terutama yang menyangkut layanan perbankan dan keuangan lainnya. 

Terlebih lagi diera digital, mengakses layanan perbankan bisa dilakukan dengan muda kapan saja dan dimana saja, cukup lewat handphone baik sebagai pelaku usaha maupun konsumen. Kerjasama ini akan membuat inklusi keuangan semakin terbuka, tidak seperti jaman dulu. 

“Karena itu, ada banyak hal yang bisa kita kerjasamakan. Sekarang sudah bikin klaster-klaster dan sedang berjalan. Tinggal menunggu timing-nya untuk dieksekusi,” katanya. 

Sementara itu, Ainurrohmatin, palaku UMKM dan Agen BRILink Sabiq Bejo dari Kalitengah, Lamongan, menuturkan, dirinya berterimakasih pada BRI yang telah banyak membantu pelaku usaha mikro di desanya. 

Sehingga usaha pembuatan telor asin yang semula hanya dipasarkan didaerahnya, kini sudah merambah seluruh pelosok negeri. Hal itu Berkat market place LocaLoka milik BRI. 

“Alhamdulillah, sekarang sudah membina 20 orang masuk dalam kluster telor asin. Transaksi juga terus naik. Sebulan bisa mencapai Rp 20 juta berkat market place LocaLoka BRI. BRILink sangat membantu UMKM. Produk juga bisa dikirim ke seluruh pelosok Indonesia karena BRI juga menyediakan ekspedisinya dengan biaya lebih murah,” ujar Ainurrohmatin yang juga meraih juara klaster tingkat nasional.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut